Nasional

Prabowo: Kedaulatan bangsa perlu di topang dengan demokrasi yang sehat

Palu () –

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan kedaulatan bangsa perlu ditopang dengan demokrasi yang sehat sehingga rakyat tidak mudah di adu domba serta dipecah belah.

 

“Bangsa Indonesia kental dengan sikap gotong royong serta kekeluargaan. Maka dengan modal ini kita harus tunjukkan bahwa rasa nasionalisme rakyat Indonesia kuat dalam menjaga kedaulatan,” kata Prabowo saat menjadi pembicara pada Musyawarah Nasional (Munas) XI Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) di kota Palu, Sabtu.

 

Menurut dia, Indonesia memiliki nilai-nilai luhur dalam menjalankan demokrasi, olehnya elite-elite politik tidak perlu saling bersitegang, karena demokrasi yang dijalankan tujuannya hanya satu yakni untuk memakmurkan rakyat.

 

“Semangat menegakkan demokrasi jangan hanya dengan ucapan, tetapi harus ditindaklanjuti dengan perbuatan serta sikap patriotik, harus dijiwai,” ucap Prabowo.


Ia menuturkan, kedaulatan tidak hanya diartikan merdeka dari penjajahan. Kedaulatan harus ditegakkan untuk mengangkat harkat serta martabat bangsa, supaya tidak ada lagi kesenjangan ekonomi di tengah rakyat, termasuk keamanan rakyat terlindungi.


Dari sisi politik, katanya, Indonesia memberikan contoh yang baik pada dunia, bahwa kompetisi dalam kontestasi politik dilakukan dengan penuh kearifan, dalam artian sejuk serta damai, serta saling memberi peluang ikut terlibat penuh membangun bangsa dalam lingkup pemerintahan.

Dalam pidatonya, Prabowo mengajak keluarga besar KAHMI turut andil memberikan sumbangsih gagasan cemerlang dalam pembangunan seiring bersama pemerintah, guna menciptakan negara berdaulat, adil serta makmur.

 

“Presiden berharap Indonesia bisa menjadi negara mandiri ke depan. Untuk mewujudkan cita-cita itu maka semua elemen bangsa harus ikut terlibat mewujudkan nawacita tersebut,” demikian Prabowo.

. Mohamad Ridwan
Editor: Chandra Hamsertai Noor
.. .

Related Articles

Back to top button