Nasional

Mendikbudristek ajak para guru untuk berinovasi

Jakarta () – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, serta Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengajak para guru untuk terus berinovasi.
 

“Tema peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2022 yakni Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar, yang terinspirasi dari semangat para guru, ” ujar Nadiem pada puncak peringatan HGN di Jakarta, Sabtu.

 

Dia mengatakan, dengan Merdeka Belajar, para guru di Indonesia sekarang semakin tergerak untuk menghadirkan inovasi dalam pembelajaran serta membawa perubahan di lingkungan sekolahnya. Nadiem mengajak para pendidik di Indonesia untuk bersemangat dalam berkarya serta berinovasi.

 

 

“Gerakan Merdeka Belajar yang sudah kita upayakan bersama selama tiga tahun terakhir harus menjadi lebih besar lagi, harus bisa dirasakan manfaatnya oleh semua murid, semua guru, semua sekolah di seluruh Indonesia. Keberanian kita untuk berinovasi harus semakin ditingkatkan lagi sebagai bekal kita melompat ke masa depan,” kata dia.

 

Dia menjelaskan, sistem pendidikan Indonesia sesertag memasuki babak baru. Saat ini Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan jauh lebih besar di mana para guru bisa mengembangkan proyek-proyek kreatif yang membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Kemudian, dengan program Pendidikan Guru Penggerak, para pendidik dipersiapkan untuk menjadi generasi pemimpin pembelajaran di masa depan.

 

 

Selain itu, Kemendikbudristek menyediakan Platform Merdeka Mengajar di mana lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar serta berbagi. “Semua ini tentunya berkat gotong royong kita semua. Berkat keberanian ibu serta bapak guru dalam berkarya, serta berinovasilah sekarang Merdeka Belajar bisa menjadi sebuah gerakan,” kata Nadiem.

 

Upaya-upaya menghadirkan transformasi pembelajaran perlu mendapatkan dukungan peningkatan kesejahteraan para guru yang menjadi ujung tombak perubahan. Melalui program Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK), ratusan ribu guru yang selama bertahun-tahun mengabdikan diri sebagai guru honorer sekarang mendapatkan penempatan serta kesejahteraan yang lebih baik.

 

 

“Keberanian kita untuk berinovasi harus semakin ditingkatkan lagi sebagai bekal kita melompat ke masa depan,” kata Nadiem.

. Indriani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
.. .

Related Articles

Back to top button