Sumatera

Pemkab Pakpak Bharat jalin kerja sama dengan UGM

Salak, Sumut (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Pakpak Bharat, Sumatera Utara, menjalin kerja sama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta dalam bidang pendidikan sebagai upaya peningkatan daya saing daerah.

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor di Salak, Kamis, mengatakan, objek kesepakatan bersama antara kedua pihak adalah berupa kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat

Dengan adanya kerja sama tersebut diharapkan dapat membantu Pemkab Pakpak Bharat dalam membangun serta mewujudkan Pakpak Bharat yang maju dan sejahtera.

“Semoga kerja sama itu membawa manfaat dan saling menguntungkan bagi kita semua, semoga dapat membantu kita, membawa Pakpak Bharat lebih maju,” katanya.

Bupati juga menjelaskan pentingnya bagi Pemkab Pakpak Bharat mengikat kerja sama itu, mengingat besarnya potensi wilayah Pakpak Bharat yang hingga kini masih sulit dikelola dan dikembangkan mengingat keterbatasan sumber daya manusia yang mereka punya di Pakpak Bharat.

Kabupaten Pakpak Bharat yang berada di kawasan Pegunungan Bukit Barisan sehingga memiliki tanah areal pertanian dan kawasan hutan yang sangat subur dan luas, memiliki banyak produk pertanian dan kehutanan yang sangat beraneka ragam.

Pakpak Bharat juga masih memiliki ribuan pohon kapur yang sudah dikenal sejak dari jaman perdagangan kuno hingga ke berbagai belahan dunia. Juga memiliki kemenyan yang tersebar luas di wilayah Pakpak Bharat, serta memiliki tanaman serai wangi dan tanaman gambir dengan kualitas nomor satu.

Di samping itu posisi Kabupaten Pakpak Bharat yang sangat strategis sebagai salah satu pintu masuk Sumatera Utara merupakan suatu keunggulan tersendiri.

Oleh karenanya dengan berbagai keunggulan itu , pihaknya berharap bisa memaksimalkan kerja sama tersebut guna memaksimalkan sumber daya di Kabupaten Pakpak Bharat.

‘Semoga kerja sama ini bisa membawa manfaat bagi kedua belah pihak, baik Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat maupun Universitas Gajah Mada sendiri, ” katanya.

Sebelumnya Wakil Rektor UGM Bidang Penelitian, Pengembangan Usaha dan Kerja Sama, Ignatius Susatyo Wijoyo menyatakan rasa salut dan bangga atas pilihan Pemkab Pakpak Bharat menggandeng Universitas Gajah Mada sebagai mitra dalam membangun daerah penghasil gambir dan kemenyan itu.

Pemkab Pakpak Bharat dan Universitas Gajah Mada sepakat untuk membangun sebuah kerja sama yang saling bersinergi dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan peningkatan daya saing daerah selama lima tahun ke depan.

“Diharapkan dengan adanya kerja sama ini mampu akan membantu Pakpak Bharat dalam upaya memaksimalkan potensi-potensi daerah guna mewujudkan Pakpak Bharat yang sejahtera,” demikian Ignatius Susatyo Wijoyo.

Related Articles

Back to top button