Sumatera Barat

Rakernas Apeksi 2022: Sebanyak 110 Murid SMP di Padang akan Menari pada Pawai Budaya Nusantara

Rakernas Apeksi 2022: Sebanyak 110 Murid SMP di Padang akan Menari pada Pawai Budaya NusantaraRakernas Apeksi 2022: Sebanyak 110 Murid SMP di Padang akan Menari pada Pawai Budaya NusantaraSejumlah murid SMP tengah berlatih tari di Panggung Cimpago Pantai Puruih Kota Padang, Jumat (5/8/2022). Mereka akan menampilkan sejumlah tarian khas dari berbagai daerah saat pawai budaya nusantara pada Rakernas Apeksi ke XV di Kota Padang Selasa (9/8/2022) mendatang.

Laporan Reporter TribunPadang.com, Wahyu Bahar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG- Sebanyak 110 orang murid SMP dari berbagai sekolah di Kota Padang ambil bagian kegiatan pawai budaya Nusantara Rakernas Apeksi 2022 pada, Selasa (9/8/2022) mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh koreografer tari dari Sanggar Satampang Baniah Marya Ndanche (46), Jumat (5/8/2022).

Marya Ndanche mengatakan, 110 orang murid tersebut berasal dari 20 SMP di Kota Padang.

Baca juga: Persiapan Rakernas Apeksi 2022 Padang, Penampil Pawai Budaya Nusantara Berlatih di Panggung Cimpago

Dari total jumlah penari, kata dia, ada yang memang berlatar belakang sebagai penari, dan ada juga yang baru belajar.

Rencananya, ratusan murid ini akan menampilkan sejumlah tari dari berbagai daerah di Indonesia.

"Sesuai rencana, anak-anak akan menampilkan tarian dari daerah Aceh, Batak, Melayu, Betawi, Sunda, Jawa timur, Bali, Maluku, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Sumbar (Minang)," ujar Marya kepada TribunPadang.com usai latihan di Panggung Cimpago Pantai Puruih.

Baca juga: Jelang Rakernas Apeksi 2022, Sejumlah Jembatan di Padang Dipercantik termasuk Jembatan Siti Nurbaya

Ia mengatakan, pihak penyelenggara awalnya memberi durasi 20 menit lebih, namun informasi terkini akan ada pemangkasan durasi tampil.

"Semoga anak-anak tetap giat berlatih, karena penampilan mereka akan disaksikan langsung oleh pejabat dari berbagai daerah se-Indonesia," lanjut dia.

Adapun kata dia, ia dan tim koreografi sudah melatih siswa-siswi SMP ini sejak dua bulan yang lalu.

Sejumlah murid SMP tengah berlatih tari. Mereka akan menampilkan sejumlah tarian khas dari berbagai daerah saat pawai budaya nusantara pada Rakernas Apeksi ke XV atau Rakernas Apeksi 2022, Jumat (5/8/2022).
Sejumlah murid SMP tengah berlatih tari. Mereka akan menampilkan sejumlah tarian khas dari berbagai daerah saat pawai budaya nusantara pada Rakernas Apeksi ke XV atau Rakernas Apeksi 2022, Jumat (5/8/2022). (TribunPadang.com/Wahyu Bahar)

Ia berharap, anak didiknya dapat serius berlatih dan menjaga kesehatan hingga saat penampilan nanti.

Marya Ndanche mengaku senang melatih murid-murid SMP ini hingga fasih untuk menari, meski sebagian dari mereka bukan seorang penari.

"Karena mereka masih anak-anak dan mulai beranjak remaja, tentu ini tantangan tersendiri untuk menjaga mood mereka," kata dia lagi.

Terakhir kata dia, ia dan tim bersama 110 orang murid akan menampilkan yang terbaik saat pawai budaya nusantara, dan suatu kebanggaan baginya membawa nama baik Kota Padang lewat sebuah penampilan tarian.
(*)

Baca Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button