Kalimantan Timur

Tim kerja sama antar daerah Kabupaten Paser inventarisir potensi daerah

Tim kerja sama antar daerah Kabupaten Paser inventarisir potensi daerah

Kamis, 4 Agustus 2022 21:34 WIB

Tim kerja sama antar daerah Kabupaten Paser inventarisir potensi daerah

Suasana rapat pembahasan rencana kerjasama antara Kabupaten Paser dengan tiga Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan di ruang rapat Sadunrengas Kantor Bupati Paser, Rabu (ANTARA/R.Wartono).

Diharapkan melalui kerja sama ini, selain mempererat hubungan antar daerah, akan terjadi peningkatan investasi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Paser (ANTARA) – Tim koordinasi kerja sama daerah (TKKSD) Kabupaten Paser bakal melakukan inventarisasi dan pemetaan potensi daerah, menyusul rencana kerja sama antara Kabupaten Paser dengan tiga kabupaten di provinsi Kalimantan Selatan yakni Kabupaten Kota Baru, Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Balangan.
"Diharapkan melalui kerja sama ini, selain mempererat hubungan antar daerah, akan terjadi peningkatan investasi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Paser, Romif Erwinadi saat memimpin rapat di ruang rapat Sadunrengas Kantor Bupati Paser, Rabu (4/8/2022).

Dia mengatakan, kerja sama daerah memiliki tujuan yang sangat penting dan perlu terus didorong karena memiliki manfaat bagi daerah yang melakukan kerjasama.

Lanjutnya, beberapa manfaat yang dicapai dalam kerja sama tersebut antara lain sebagai penguatan NKRI, mengurangi kesenjangan kewilayahan, mempererat hubungan antar daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pemenuhan pelayan public dan meningkatkan investasi serta mendorong daya saing daerah.

Romif Erwinadi menjelaskan, kerja sama antar daerah tersebut meliputi kerja sama bersifat wajib dan sukarela.

"Kerja sama yang bersifat wajib adalah kerja sama antar daerah yang berbatasan dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan seperti penyediaan air bersih, transportasi, tata ruang, infrastruktur, daerah aliran sungai dan pariwisata," katanya.

Menurutnya, saat ini kerja sama antar daerah yang bersifat wajib belum sepenuhnya terjalin, oleh karena itu pada rapat teknis. Oleh karena itu perlu menyamakan persepsi bagaimana pentingnya kerja sama wajib itu untuk dapat kita lakukan.

Sedangkan kerja sama yang bersifat sukarela, tambah Romif, dilakukan dengan tujuan mengefektifkan dan mengefisienkan penyelenggaraan urusan kewenangan daerah jika dilaksanakan dengan kerjasama.

Sementara pada rapat teknis tersebut masing-masing perwakilan organisasi perangkat daerah menyampaikan pandangannya terkait kerjasama sesuai tupoksi OPD.

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, misalnya, lebih menyoroti soal kerjasama terkait jalan dan jembatan yang berbatasan dengan Kabupaten Kota Baru dan Kabupaten Tanah Bumbu

Kemudian Dinas Kesehatan lebih menyampaikan kerjasama terkait pemanfaatan Rumah Sakit (RS) Pratama di Kecamatan Batu Engau Kabupaten Paser yang berbatasan dengan Kecamatan Senggayam Kabupaten Kota Baru Kalimantan Selatan yang masih belum dimanfaatkan secara maksimal akibat minim fasilitas dan tenaga medis.

Baca Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button