Nasional

KLB Demokrat Tetapkan Moeldoko Ketua Umum, Jabatan SBY Dihapus

Anjing menggonggong kafilah berlalu. Itu yang terjadi pada Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat (PD).

Penolakan sejumlah kader dari kubu AHY tak menghentikan langkah pengusung KLB. Seperti diwacanakan selama ini, Moeldoko akhirnya ditetapkan sebagai ketua umum.

Selain itu, KLB Demokrat menetapkan politikus senior PD Marzuki Alie sebagai ketua Dewan Pembina PD.

Sidang KLB Demokrat dipimpin, Jhoni Allen. Kongres berlangsung di The Hill Hotel and Resort, Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021).

Dalam KLB Demokrat ini juga ada sejumlah keputusan lain. Beberapa di antaranya melakukan perbaikan dan penyesuaian AD/ART Partai Demokrat hingga menghilangkan jabatan majelis tinggi.

AD/ART PD kembali pada AD/ART PD kongres Bali tahun 2005 dengan penyesuaian UU parpol. Tiga, perubahan atas penyesuaian di atas dilaksanakan sesuai kebutuhan partai antara lain adanya mahkamah partai, dewan kehormatan partai, dan dewan pakar.

KLB Demokrat juga menyatakan menganulir surat pemecatan terhadap kader-kader Demokrat.

KLB ini dibuka pada pukul 14.44 WIB. Selain Marzuki Alie, tampak hadir pendiri Partai Demokrat lainnya seperti Hencky Luntungan dan politikus senior PD Max Sopacua.

Sementara Moeldoko diangkat menjadi ketua umum setelah menang voting atas Marzuki Alie. Kepala Staf Kepresidenan itu akan menjabat ketua umum periode 2021-2025.

KLB Demokrat sempat diwarnai bentrokan di Jalan Lintas Medan-Sibolangit. Massa pendukung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dipaksa menjauh dari lokasi KLB di The Hill, Green Hill Sibolangit.

Sebuah video penyerangan terhadap pendukung AHY berdurasi 04 menit 53 detik beredar. Terlihat sekelompok pemuda berseragam loreng mirip Pemuda Pancasila memaksa kader Partai Demokrat dan pengurus BMI membubarkan diri.

Sebelum bentrokan terjadi, kedua kubu berada dalam posisi terpisah. Massa pendukung KLB berada di depan pintu The Hill Sibolangit. Sedangkan massa penolak KLB berada di kawasan pom bensin yang berada tak jauh dari lokasi KLB.

Sebelumnya kader Partai Demokrat berangkat dari Kantor Partai Demokrat di Jalan Gatot Subroto Medan. Pelaksana tugas Ketua DPD Partai Demokrat Sumut, Herri Zulkarnain Hutajulu mengatakan, kader Demokrat akan menghadang peserta KLB Demokrat.

Tampilkan

Berita Terkait

Back to top button