Sumatera Selatan

Gubernur Sumsel Angkat Bicara soal Peringkat 10 Termiskin di Indonesia

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menilai, peringkat 10 daerah termiskin di Indonesia bukanlah angka kumulatif dari Pemerintah Provinsi, namun data ini akumulasi dari kabupaten dan kota yang ada di Sumsel.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan, dengan data ini justru pihaknya akan membantu daerah-daerah yang mengalami dampak kemiskinan.

“Hal ini tentunya menjadi navigasi kami agar dapat mengatasi masalah kemiskinan. Pemprov justru akan membantu kabupaten dan kota yang angka kemiskinannya tinggi,” katanya, Minggu (21/2).

Gubernur bilang, kategori masalah kemiskinan penduduk ini harusnya dilihat lebih rinci dari kabupaten dan kota. Angka kemiskinan jangan diartikan dengan pengeluaran jauh lebih besar dari pendapatan.

“Angka tingkat kemiskinan penduduk ini dihitung dari best comunity yakni seperti bahan pokoknya dan yang lainnya. Bisa saja, ada masyarakat yang mampu beli beras tapi masih hobi makan ubi dan itu tidak dapat diartikan sebagai tidak mampu atau orang dalam kemiskinan, ” katanya.

Deru menjelaskan, angka kemiskinan di Sumsel justru turun sebelum 2020 yakni di 2019 dan ini tidak dilihat. Untuk itu pihaknya akan akan membantu kabupaten kota yang angka masyarakat miskinnya tinggi.

Tag
Show More
Close