Nasional

Pemerintah Berencana Beri Uang Pensiun bagi Nelayan

Pemerintah merancangkan tiga hal guna meningkatkan kesejahteraan nelayan. Menteri Keluatan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono menyatakan hal tersebut ketika mengunjungi lokasi lumbung ikan nasional di Maluku.

Ketiga hal yang dimaksud ialah asuransi kecelakaan, kesehatan dan tunjangan hari tua atau pensiun.

“Nelayan yang bekerja harus memiliki tiga hal yang selalu saya canangkan. Asuransi kecelakaan, asuransi kesehatan, dan tunjangan hari tua. Nelayan dimulai di 3 WPP LIN ini, adalah nelayan yang memiliki pensiun di hari tuanya, saat tidak melaut lagi,” ujar Menteri Trenggono dalam keterangan persnya, Sabtu (6/2/2021).

Menteri Trenggono juga targerkan transformasi sistem penangkapan ikan dan pengawasan terhadap kapal-kapal perikanan dengan memanfaatkan teknologi. Untuk peningkatan produktivitas nelayan, menjaga kualitas produk, serta menjamin keberlanjutan populasi perikanan di laut Indonesia.

Ia menyadari pengembangan program penuh tantangan sehingga perlu kerja sama agar menghasilkan output yang maksimal.

“Itu butuh effort yang begitu panjang, hardware dan software yang harus disiapkan supaya nanti Pak Bahlil (Kepala BKPM) bisa menjual sarana ini, dia bisa bilang kita ikannya bagus-bagus, semuanya sehat dan sarana pengolahannya bagus, silahkan investor datang melakukan industrialisasi di sini,” terang ia.

Tampilkan

Berita Terkait

Back to top button