Jawa Timur

Penyebar Hoaks Kasdim 0817 Gresik Meninggal Usai Vaksin Covid Ditangkap

Petugas gabungan Tim Cyber Polda Jatim dan Polres Gresik akhirnya bisa meringkus penyebar hoaks Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0817 Gresik Mayor Inf Sugeng Riyadi meninggal usai vaksin Sinovac.

Pelaku ternyata seorang residivis bernama Tri Setyo alias TS (44). Pelaku ini masih menjalani masa hukuman di salah satu lembaga pemasyarakatan (LP).

Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo yang hadir di Mapolres Gresik sekaligus memberikan keterangan menuturkan, pelaku berhasil ditangkap usai tim cyber melakukan patroli.

“Penyebar berita hoaks mengenai Kasdim 0817 Mayor Inf Sugeng Riyadi yang diisukan meninggal usai divaksin sinovac atas nama Try Setyo. Dia telah diamankan,” tuturnya, Rabu (20/01/2021).

Jenderal bintang satu itu menambahkan, selain mengamankan pelaku. Petugas juga menyita sejumlah barang bukti diantaranya tiga buah ponsel yang diduga untuk membuat konten serta digunakan menyebarkan berita hoaks.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya berita yang belum terbukti kebenarannya,” imbuhnya.

Saat ditanya mengenai motif pelaku menyebarkan berita hoaks, Slamet mengatakan pelaku satu orang. Tapi, untuk pengembangan penyelidikan bisa jadi bertambah.

“Soal itu masih dalam proses penyelidikan kalau ada perkembangan pasti akan dikabari,” ungkapnya.

Terkait dengan kejadian ini, perwira tinggi Polda Jatim itu juga mengatakan, dirinya mengajak masyarakat agar mau divaksin sebagai upaya menghentikan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

“Jangan takut divaksin sebab langkah ini merupakan satu-satunya menghentikan penyebaran Covid-19. Vaksin sinovac juga sudah teruji secara klinis dan halal,” katanya.

Tag
Show More

Berita Terkait

Close