Sulawesi Selatan

Bupati Bulukumba Mau Bangun Bar di Sepanjang Pantai Bira

Bupati Bulukumba Sukri A Sappewali butuh sokongan dana. Untuk memperbaiki infrastruktur pariwisata di Bulukumba.

Bupati Bulukumba Sukri A Sappewali sudah menemui Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, Senin (18/1/2021). Sappewali meminta anggaran Rp 90 miliar ke Pemprov Sulsel.

“Anggaran tersebut untuk membantu proyek-proyek infrastruktur yang akan dibangun tahun ini,” kata Sappewali.

Proyek infrastruktur itu diantaranya pembangunan bar yang akan dibangun di sepanjang pinggir Bira. Namun, Sappewali tak menjelaskan secara detail bar seperti apa yang akan dibangunnya.

“Juga untuk membangun jalan penghubung antara Kecamatan Gantarang dan Kecamatan Bulukumba, penambahan pedestrian Bira, perbaikan tembok Hongkong atau tembok Cina,” tambahnya.

Ia mengaku Bulukumba akan menjadi ikon utama Sulsel. Pihaknya sudah menandatangani pengerjaan tol Makassar-Bulukumba yang akan dimulai tahun ini.

Menurutnya, anggaran bantuan keuangan daerah senilai Rp 90 miliar tersebut akan cukup untuk memback up kebutuhan pembangunan. Apalagi pengerjaan dilakukan secara bertahap, ditambah dengan anggaran melalui APBD Bulukumba 2021.

Sebelumnya, Plt Kepala Bappelitbanda Sulsel, Junaedi mengatakan, tahun ini Pemprov Sulsel menyiapkan anggaran penuh sebanyak Rp500 miliar pada APBD 2021. Pemda termasuk Pemkot Makassar diminta mengusulkan program untuk bisa mendapat anggaran dari provinsi.

“Tahun ini anggaran untuk bantuan keuangan daerah diplot Rp 500 miliar. Itu untuk membantu infrastruktur yang ada di daerah, misalnya jalan,” ucap Junaedi.

Sejauh ini kata Junaedi, pihaknya masih menunggu usulan dari beberapa daerah. Setelah itu Pemprov Sulsel akan merasionalisasi pengajuan tersebut sebelum memberikan bantuan ke daerah.

“Belum rampung semua dari daerah, kita tunggu saja dulu usulannya,” ujarnya.

Junaedi mengaku, serapan bantuan keuangan tersebut pada tahun 2020 memang minim. Hanya sekitar 40 persen atau Rp200 miliar lebih dari total bantuan Rp 250 miliar pasca adanya refocusing di pertengahan tahun.

Tag
Show More

Berita Terkait

Close