Uncategorized

Duga Terjadi Kolusi, Lembaga Ini Minta PT SMI Setop Beri Utang Pembangunan Stadion Matoanging

Koalisi Pemantau Infrastruktur Indonesia merespons rencana pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengajukan tambahan utang atau pinjaman ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Guna melanjutkan proyek renovasi Stadion Matoanging di Makassar.

Koordinator Koalisi Pemantau Infrastruktur Indonesia, Muhammad Al Amin, meminta agar PT SMI tidak menyetujui usulan pinjaman pemerintah Sulsel. Juga membatalkan pinjaman utang sebelumnya untuk proyek renovasi Stadion Matoanging di Kota Makassar.

Menurut Amin, proyek renovasi Stadion Mattoanging sarat akan praktik korupsi, kolusi, dan nepotisem. Hanya menguntungkan pihak-pihak tertentu.

“Saat ini, proyek renovasi Stadion Mattoanging tengah mendapat sorotan publik di Sulawesi Selatan. Berkat pemberitaan media nasional, masyarakat mengetahui ada praktik kolusi atau pengaturan tender pada proyek tersebut,” ungkap Amin, Jumat 8 Januari 2021.

Amin mengatakan dalam pemberitaan sebuah media investigasi, praktik kolusi atau pengaturan tender pada proyek renovasi Stadion Mattoanging juga menarik beberapa nama yang memiliki hubungan dekat dengan Gubernur Sulsel.

“Saya kira pemberitaan media yang menyebutkan bahwa ada dugaan pengaturan tender atau praktik kolusi pada proyek harus menjadi pertimbangan utama bagi PT SMI. Sebelum memberi pinjaman kepada Pemerintah Provinsi Sulsel. Apalagi PT SMI terikat dengan kebijakan safeguard MDBs yang salah satunya anti korupsi, kolusi, nepotisme dan pelanggaran hukum lainnya,” terang Amin.

Amin menjelaskan bahwa PT SMI sebagai perusahaan negara yang mengelola utang luar negeri. Harus menjalankan aturan-aturan yang diajukan oleh lembaga-lembaga keuangan pemberi utang secara konsekuen. Oleh karena itu, PT SMI tidak boleh asal menyetujui usulan pemerintah daerah.

Publik harus tahu bahwa sebagian besar dana di PT SMI berasal dari investasi dan utang luar negeri yang bersumber dari lembaga keuangan internasional. Sehingga PT SMI harus memastikan bahwa tidak ada pelanggaran safeguard dan perbuatan melawan hukum dalam proyek yang akan didanai.

“Nah sementara berdasarkan hasil investigasi dan pemberitaan media nasional, ditemukan praktik kolusi pada proyek renovasi stadion Mattoanging. Artinya kebijakan dan aturan perlindungan yang dibuat oleh MDBs telah dilanggar,” terang Amin.

Tag
Show More

Berita Terkait

Close