Papua

Sejumlah Warga Sorong Unjuk Rasa Minta Pemekaran Papua Barat Daya

Sejumlah warga di Kota Sorong, Papua Barat, menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor wali kota. Mereka menuntut pemekaran daerah Papua Barat Daya.

Aksi ini dihadiri kelompok presidium daerah otonomi baru (DOB) Papua Barat Daya, sejumlah kepala suku dan beberapa kelompok lainnya. Mereka ingin Presiden Joko Widodo dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian segera mempercepat pemekaran daerah tersebut.

Ketua Presidium DOB Papua Barat Daya, Yosafat Kambu mengatakan, pemekaran calon provinsi baru ini sudah berlangsung selama 13 tahun. Namun tak kunjung membuahkan hasil.

“Kami ke sini (kantor wali kota), ingin menyampaikan aspirasi kami agar DOB Papua Barat Daya segera direalisasikan,” kata Yosafat di Kota Sorong, Papua Barat, Rabu (23/9/2020).

Padahal dia mengklaim, DOB Papua Barat Daya sudah tiga kali mendapatkan amanat Presiden. Namun pemerintah tak kunjung memekarkan daerah di bagian kepala burung sebagai provinsi baru.

“Kita sudah tiga kali mendapatkan amanat Presiden, tapi sampai sekarang kenapa belum juga dimekarkan. Alasannya apa sampai di wilayah Papua Barat belum juga dimekarkan?” tanya dia.

Show More

Related Articles

Close