NTT

Besok Penetapan Pasangan Cakada, Ketua KPU NTT:Tidak Ada Pleno Terbuka, Tidak Ada Pengumpulan Massa

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur (KPU NTT) memastikan akan melaksanakan tahapan penetapan pasangan calon kepala daerah (Cakada) dalam Pilkada Serentak tahun 2020 sesuai jadwal. Namun demikian, tidak seperti pengalaman Pilkada sebelumnya, penetapan pasangan Cakada ini tidak dilakukan dengan metode pleno terbuka.

Ketua KPU NTT, Thomas Dohu mengatakan KPU di sembilan kabupaten di NTT yang melaksanakan Pilkada Serentak 2020 sudah siap untuk melangsungkan tahapan penetapan pasangan calon kepala daerah sesuai jadwal.

“Umumnya sembilan Kabupaten saat ini sudah siap untuk melaksanakan penetapan besok. Hari ini jadwal terakhir penelitian perbaikan dan teman teman akan menghasilkan berita acara hasil penelitian perbaikan setelah itu mereka akan menuangkan dalam berita acara, lalu besok penetapannya,” ujar Thomas Dohu, Selasa (21/9) malam.

Thomas menjelaskan, akan dilakukan rapat pleno secara tertutup di tingkat kabupaten. Hasil berita acara rapat pleno itu akan dituangkan dalam keputusan penetapan pasangan calon peserta Pilkada 2020.

Setelah dilakukan penetapan, jelasnya, akan diumumkan melalui website KPU Kabupaten dan juga papan pengumuman di Kantor KPU masing masing.

“Besok itu tidak ada rapat pleno terbuka penyampaian hasil penetapan, tidak ada itu,” katanya.

Dengan demikian, lanjut Thomas, pihak KPU memastikan tidak ada pengumpulan massa pendukung pasangan calon kepala daerah di KPU masing masing kabupaten.

“Tidak ada pengumpulan massa. Besok dipastikan tidak ada pengumpulan massa di Kantor KPU,” tegasnya.

Thomas menegaskan, berdasarkan Peraturan KPU nomor 9 tahun 2020 pasal 68 ayat (3), kegiatan penetapan di KPU tidak melibatkan utusan pasangan calon. Peraturan tersebut merupakan peraturan perubahan yang keempat tentang pencalonan dari Peraturan KPU nomor 3 tahun 2017 yang mengatur penetapan dilaksanakan dengan pleno terbuka.

Tag
Show More

Related Articles

Close