Maluku & Papua

KM Adi Utama Bocor dan Kandas di Muara Agats, Tim SAR Asmat Evakuasi Kru Kapal

Kapal Motor (KM) Adi Utama mengalami kebocoran di Muara Agats, tepatnya di sekitar Lampu Hijau menuju Dermaga Agats, ibu kota Kabupaten Asmat, Provinsi Papua. Namun, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan yang terjadi pada Minggu (20/9/2020) malam tersebut.

Kapal nahas itu diawaki oleh delapan orang, yakni Rusli selaku Nahkoda, Jakir, Laka, Muhsaki, Anto, Safarudin, Jabarudin dan Akmal. Tim SAR Asmat yang mendapat informasi langsung ke lokasi dan mengevakuasi kru KM Adi Utama.

Kepala Kantor SAR Timika Monce Brury mengatakan, KM Adi Utama yang mengangkut material bahan bangunan mengalami kebocoran dalam pelayaran dari Pelabuhan Pomako-Timika menuju Agats. Kapal akhirnya kandas di Muara Agats.

“Setelah menerima laporan dari anggota KPLP Asmat Bapak Tono, kami langsung memerintahkan tim rescue yang ada di Pos SAR Asmat untuk menuju lokasi,” kata Monce di Timika, Senin (21/9/2020).

Tim dibantu oleh personel TNI AL dan KPLP Asmat menggunakan RIB 400 PK langsung merespons ke lokasi. Empat dari delapan kru kapal berhasil dievakuasi ke Dermaga Agats.

“Sementara empat kru kapal yang lain tetap bertahan di atas KM Adi Utama sambil terus mencoba mengatasi kebocoran pada bagian buritan dengan bantuan mesin pompa air,” katanya.

Kapal tersebut tetap melanjutkan perjalanan menuju Dermaga Pelabuhan Agats sambil dikawal oleh perahu cepat 85 PK milik agen KM Adi Utama.

Kejadian kapal atau perahu bocor bahkan tenggelam acap kali terjadi di wilayah perairan Kabupaten Asmat yang masih di bawah wilayah kerja Kantor SAR Timika.

Permukiman warga Asmat yang berada di atas rawa-rawa berlumpur padat dan dikelilingi sungai yang lebar membuat akses transportasi darat berupa jalan raya sulit dibangun di wilayah itu.

Satu-satunya akses transportasi sebagai urat nadi untuk menunjang roda perekonomian warga Asmat yaitu perahu motor.

 

Editor : Maria Christina

TAG : papua timika kapal kandas asmat agats sar kapal bocor Share Share line sharing button

Show More

Related Articles

Close