Sulawesi Selatan

KNPI dan PKK Pinrang Ajar Pemuda Kelola Sabut Kelapa Jadi Bernilai Bisnis

Biro Pertanian Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Pinrang melatih dan mendampingi pemuda untuk mengelola usaha.

Pelatihan ini untuk UMKM skala home industry dalam mengolah limbah sabut kelapa menjadi media tanam.

Home industry ini didirikan sejak bulan april 2020.

Pengelolanya adalah salah satu pemuda pinrang, Asri Azis.

Jumlah pekerja di Home Industry ini sudah mencapai 20 orang dan telah beromset belasan juta rupiah setiap bulannya.

Pengurus biro Pertanian KNPI Sulsel, Arfan mengatakan, pendampingan ini mulai sejak April kemudian terus dikembangkan hingga saat ini.

“Dengan melihat potensi bahan baku limbah sabut kelapa di Kabupaten Pinrang belum terkelola secara tepat guna,” katanya.

Pendampingan tersebut meliputi pembuatan rencana usaha, survey kesiapan bahan baku, kesiapan mesin pengolahan, kesiapan tenaga kerja dan kesiapan pasar.

Arfan menyampaikan, terbentuknya UMKM A2tani juga tidak terlepas dari kerjasama dan dukungan KNPI Kabupaten Pinrang dan TP PKK Pinrang yang terus mensupport pemuda dalam memanfaatkan potensi yang ada di Kabupaten Pinrang melalui inovasi produk.

Pengurus TP PKK Provinsi Sulsel yang diwakili Ir Andi Sarrafah, MSi dan Ketua TP PKK Kabupaten Pinrang Ibu Andi Sri Widyawati Irwan beserta rombongan melakukan kunjungan ke UMKM A2tani di Kelurahan Laleng Bata, Kecamatan Paleteang, Kabupaten Pinrang.

Tag
Show More
Close