Jawa Barat

Ade Yasin Targetkan Kabupaten Bogor Bebas dari Desa Tertinggal Tahun Depan

Bupati Bogor Ade Yasin menargetkan Kabupaten Bogor bebas dari desa tertinggal pada 2021 nanti.

Tahun ini Kabupaten Bogor fokus membenahi infrastruktur dan sumber daya manusia di empat desa tertinggal yang ada di wilayah ini.

“Pada tahun 2019 Kabupaten Bogor masih memiliki 45 desa tertinggal, tahun ini jumlahnya tinggal empat desa lagi,” kata Ade Yasin di Bogir, Rabu (9/9/2020).

Keempat desa yang masih tertinggal itu adalah Desa Wirajaya di Kecamatan Jasinga, Desa Cilaku di Kecamatan Tenjo, serta Desa Sukarasa, dan Desa Buanajaya di Kecamatan Tanjungsari.

Pemerintah Kabupaten Bogor terus berupaya agar tidak ada lagi desa tertinggal di wilayah ini tahun depan.

“Kita perlu penanganan atau keterlibatan dinas-dinas terkait, seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan lain-lain. Semoga akhir tahun ini juga bias tuntas,” ujar Ade.

“Kami menargetkan tidak ada lagi desa tertinggal di wilayah Kabupaten Bogor pada tahun 2021 mendatang,” tambahnya.

Pemkab Bogor telah berupaya meningkatkan status 45 desa dengan kategori tertinggal menjadi desa berkembang tahun ini.

Peningkatan difokuskan pada Indeks Ketahanan Sosial (IKS), Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahan Lingkungan atau Ekologi (IKE).

Berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) 2019 yang ditetapkan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ada lima kategori desa yakni sangat tertinggal, tertinggal, berkembang, maju dan madiri.

“Saat ini di Kabupaten Bogor tidak ada desa dengan kategori sangat tertinggal,” tutur Ade.

Tag
Show More

Related Articles

Close