Aceh

Toko Kelontong di Gampong Mon Ikeun Lhoknga Terbakar

Sebuah toko berkonstruksi permanen milik Surianto (61) di Gampong Mon Ikeun, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Selasa (8/9/2020) pagi, terbakar.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran yang terjadi sekitar pukul 05.30 WIB, tadi pagi.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Aceh Besar, Farhan AP, mengatakan informasi kebakaran itu baru diterima sekitar pukul 05.45 WIB.

Begitu mendapat laporan tersebut petugas langsung bergerak ke lokasi.

“Toko permanen yang terbakar itu mengalami kerusakan cukup parah dan terjadi saat warga sedang melaksanakan shalat subuh berjamaah. Begitu juga halnya dengan korban,” kata Farhan.

Menurut Farhan, petugas piket Pemadam BPBD Aceh Besar, pertama kali menerima informasi kebakaran itu dari anggota Polsek Lhoknga.

“Namun, kebakaran itu sudah diketahui duluan oleh korban yang melihat kepulan asap tebal keluar dari toko kelontong miliknya,” jelas Farhan.

Korban Surianto, pemilik toko kelontong itu, mengetahui usahanya sedang dilumat sijago merah sesaat baru menunaikan shalat subuh.

Korban langsung menghubungi warga sekitar dan melaporkan kebakaran tersebut sembari meminta bantuan pemadaman.

“Berkat sigapnya warga di sekitar lokasi kejadian dengan pemadamam manual, sehingga api tidak menjalar ke bagian bangunan lainnya. “Untuk penyebab kebakaran sudah dalam penanganan aparat kepolisian,” ungkapnya.

Petugas Pusdalops-PB BPBD Aceh Besar, Iqbal menambahkan petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar Pos Peukan Bada yang mendapatkan informasi kebakaran itu mengerahkan satu armada pemadam didukung kekuatan empat petugas pemadam.

“Penanganan baru selesai dilakukan petugas sekitar pukul 07.00 WIB,” terang Iqbal.
Dalam pemadaman itu petugas pemadam kBPBD Aceh Besar ikut dibantu oleh Koramil dan Polsek setempat.

Lalu ada petugas dari Pos Angkatan Laut (AL) Wilayah Lhoknga serta warga sekitar lokasi kejadian.(*)

Tag
Show More

Related Articles

Close