Aceh

Permintaan Kartu Identitas Anak di Aceh Tengah terus meningkat

Permintaan untuk Kartu Indentitas Anak (KIA) di Kabupaten Aceh Tengah terus mengalami peningkatan.
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Tengah Mustafa Kamal mengatakan hingga saat ini pihaknya telah menerbitkan total sebanyak 10 ribu keping KIA terhitung sejak Agustus 2019.

“Target kita tahun ini bisa mencapai 20 ribu keping,” kata Mustafa Kamal, Senin.
Banyaknya penerbitan KIA saat ini kata Mustafa Kamal karena permintaan tidak hanya datang dari perorangan saja melainkan juga banyak diajukan secara kolektif seperti dari kecamatan, desa, dan sekolah-sekolah.

Hal itu kata Mustafa sangat membantu pihaknya dalam menjangkau seluruh wilayah di Aceh Tengah dalam rangka memenuhi cakupan terhadap dokumen kependudukan tersebut.

“Selama ini kita terbantu dengan partisipasi dari pihak kecamatan, aparat kampung, dan kepala sekolah yang pro aktif mengurus KIA secara kolektif. Kita sangat apresiasi hal ini,” tutur Mustafa Kamal.

Sementara hari ini Disdukcapil setempat kembali menyelesaikan penerbitan KIA sebanyak 517 keping untuk anak se Kecamatan Silih Nara.

Rinciannya kata Mustafa Kamal terbagi untuk 10 kampung, yakni masing-masing untuk Kampung Burni Bius sebanyak 94 keping, Kampung Rutih 55 keping, Kampung Rebe Gedung 34 Keping, Kampung Remesen 109, Kampung Arul Kumer Barat 106, Kampung Gunung Singit 106, Kampung Pepanyungen 3 keping, Kampung Wih Porak 4, Kampung Burni Bius 5 keping, dan Kampung Wih Bakong 1 keping.

“Hari ini langsung diserahkan kepada pihak kecamatan yang diterima oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Silih Nara Bapak Baihaki,” kata Mustafa Kamal.

Lanjutnya khusus untuk KIA Disdukcapil setempat dalam hal ini memang mulai pro aktif mensosialisasikannya kepada masyarakat sejak Agustus 2019.

Pihaknya kata Mustafa Kamal juga secara rutin jemput bola ke sekolah-sekolah.

Namun selama pandemi COVID-19 upaya itu harus terhenti, namun terbantu oleh kesadaran dan pro aktif masyarakat yang mengajukannya secara kolektif.

“Khusus untuk KIA pengadaan blanko pun kita adakan sendiri dari dana APBK. Kita punya target untuk cakupan seluruhnya itu sebanyak 72 ribu keping KIA seluruh Aceh Tengah,” tutur Mustafa Kamal.

Tag
Show More
Close