Luar Negeri

Kim Yo Jong, Adik Kim Jong Un dan Sosok di Balik Memanasnya Tensi Korea Utara dan Korea Selatan

Dalam dua pekan terakhir, tensi antara Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) begitu menghangat buntut aktivitas pembelot Korut di perbatsan.

Puncaknya adalah pada Selasa (16/6/2020), Kementerian Unifikasi Korsel menyatakan bahwa tetangganya itu meledakkan kantor perwakilan di Kaesong.

Adalah Kim Yo Jong, adik Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, yang menjadi sosok di balik memanasnya tensi Korut dan Korsel.

Dalam pernyataannya Sabtu (13/6/2020), Kim adik mengintruksikan militer untuk “bertindak”, dengan mengklaim “menggunakan hak yang diberikan Kim Jong Un, partai dan negara”.

Ucapan tersebut direspons militer dengan mengatakan, mereka “mengkaji” berbagai opsi. Termasuk mengerahkan pasukan ke perbatasan.

Harian Chosun Ilbo memberitakan, Seoul mendeteksi tentara Korea Utara melakukan latihan menembak di dekat Zona Demiliterisasi.

Pihak Negeri “Ginseng” khawatir, negara tetangganya itu akan mengerahkan kapal perang ke wilayah perbatasan dengan menyaru sebagai kapal nelayan.

Apalagi seperti diwartakan Nikkei Asian Review, saat ini musim perburuan kepiting biru di Laut Kuning tengah mencapai puncaknya.

Adik Kim Jong Un itu juga yang menginstruksikan agar kantor perwakilan dua Korea yang terletak di Kaesong diratakan menjadi debu.

“Saya pikir ini sudah waktunya untuk memutuskan hubungan dengan pemerintahan Korea Selatan,” kata Kim Yo Jong dikutip media setempat.

Tag
Show More

Related Articles

Close