HeadlineLuar Negeri

Sehari 220 Pasien Corona Malaysia Sembuh, Angka Kesembuhan Nyaris 50 Persen

Otoritas Malaysia melaporkan 170 kasus baru virus Corona (COVID-19) dalam sehari. Sedikitnya 220 pasien dipulangkan dari rumah sakit dalam 24 jam terakhir, setelah dinyatakan sembuh.

Seperti dilansir Channel News Asia dan media lokal Malaysia, The Star, Rabu (15/4/2020), Direktur Jenderal Kesehatan pada Kementerian Kesehatan Malaysia, Dr Noor Hisham Abdullah, mengumumkan bahwa total 2.478 pasien telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit. Sekitar 220 pasien dipulangkan sepanjang Selasa (14/4) waktu setempat.

“Hingga Selasa (14/4) pukul 12.00 waktu setempat, ada 170 kasus baru, yang menjadikan total jumlah kasus positif mencapai 4.987 kasus,” sebut Dr Noor Hisham.

“Total 60 orang masih dirawat di Unit Perawatan Intensif (ICU) dan 30 orang di antaranya membutuhkan ventilator,” imbuhnya.

Dr Noor Hisham menekankan bahwa untuk kesekian kalinya, jumlah pasien sembuh dalam sehari melampaui jumlah kasus baru. Disebutkan juga bahwa angka kesembuhan pasien virus Corona di Malaysia kini mencapai 49,7 persen dari total jumlah kasus.

Dalam pernyataannya, Dr Noor Hisham juga melaporkan lima kematian dalam sehari, yang menjadikan total jumlah korban meninggal menjadi 82 orang. Empat orang di antaranya merupakan warga Malaysia dengan penyakit bawaan seperti diabetes, gangguan ginjal, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Satu orang lainnya merupakan seorang pria tak teridentifikasi yang ditemukan meninggal di Kota Kinabalu, Sabah pada 6 April. Hasil pemeriksaan post-mortem menyatakan pria itu positif virus Corona. Diduga kuat pria tak teridentifikasi itu bukan warga Malaysia atau warga negara asing.

“Pria ini ditemukan tanpa kartu identitas dan diyakini bukan warga negara Malaysia. Kasus ini masih dalam penyelidikan kepolisian,” sebut Dr Noor Hisham.

Lebih lanjut, Dr Noor Hisham menyebut angka kematian akibat virus Corona di Malaysia mencapai 1,6 persen. Dia menekankan bahwa para pasien dengan penyakit bawaan memiliki kecenderungan lebih besar untuk menjadi fatal.

Ditambahkan juga oleh Dr Noor Hisham bahwa pihaknya berencana menambah lima laboratorium untuk meningkatkan kapasitas pemeriksaan harian, dari tadinya 11.500 pemeriksaan menjadi 16.500 pemeriksaan dalam sehari.

Tag
Show More

Related Articles

Close