HeadlineLuar Negeri

China panik, Kasus Coronanya Mulai Naik Drastis Lagi

China saat ini tengah dibuat pusing kembali dengan melonjak naik-nya lagi kasus corona di sana. Bagaimana tidak, kini kasus-kasusnya kian bertambah banyak, dan terus merayap naik.

Padahal di satu sisi, China baru saja mencabut aturan lockdown di negaranya, termasuk di Wuhan, usai ditetapkan selama 76 hari sejak Januri lalu.

Berdasarkan data Komisi Kesehatan China, ke-naik-an kasus corona harian saat ini ada di level tertinggi dalam enam minggu terakhir. Pada Senin kemarin saja, 13 April 2020, China mencatat ada 108 kasus baru. Padahal pada Sabtu 11 April 2020, tercatat 99 kasus terjangkit baru.

Perempuan mengenakan masker berjalan di depan kantor People's Bank of China di Beijing, China, 3 Februari 2020. Foto: REUTERS/Jason Lee

Ternyata, mulai tingginya kembali kasus corona di China akibat kasus-kasus impor. Kata otoritas setempat, kasus impor itu dibawa pendatang dari luar negeri, seperti Rusia.

Untuk Rusia, setengah kasus corona di China ternyata berasal dari pendatang yang baru kembali dari sana. Mereka disebut menyeberang melalui perbatasan provinsi Heilongjiang, tepatnya kota Suifenhe dan Harbin.

Tak mau kecolongan naik-nya kasus corona, kini China mulai memperketat pengawasan kota-kota kecil di perbatasan dengan Rusia. Demikian disitat Reuters, Selasa 14 April 2020. Selain itu, China juga menerapkan isolasi hingga 28 hari, lalu tes asam nukleat dan antibodi.

Tag
Show More

Related Articles

Close