Sulawesi

Penyandang Disabilitas Bisa Daftar PPS Pilwali Makassar

KPU MakassarKPU Makassar membuka pendaftaran seleksi calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar 2020.

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR – Dilansir akun Instagram resmi KPU Makassar @kpu_makassar, masa kerja Panitia Pemungutan Suara (PPS) pemilihan serentak mulai (23/3/2020) hingga (30/11/2020).

Dimana, anggota PPS berjumlah 3 orang per kelurahan. Terdiri dari 1 orang ketua merangkap anggota dan 2 orang anggota.

Istimewanya, 30 persen dari anggota PPS memperhatikan keterwakilan perempuan. Tidak itu saja, penyandang disabilitas dapat menjadi anggota PPS sepanjang memenuhi persyaratan.

Seperti diketahui, pendaftaran anggota PPS yang direncanakan akan digelar apda (21/2/2020)-(21/3/2020). Namun fakta terkini, lebih cepat 3 hari untuk pembukaan pendaftaran dan lebih cepat satu pekan untuk pelantikan.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Makassar, Gunawan Mashar menambahkan, bila perubahan jadwal bisa berubah, tidak untuk jumlah petugas adhoc yang akan direkrut.

Komisioner Program dan Data KPU Kota Makassar, Romy Harminto, mengatakan petugas penyelenggara pemilu yang dibutuhkan sekitar 15.227 orang.

Dengan rincian, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 14.693 orang ditambah 2 pengamanan yang ditunjuk. Panitia Pemungutan Suara (PPS) 459 orang dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) 75 orang.

"Kalau petugas itu tidak. Untuk pemutakhiran data pemilih, memang Pak Romy yang tangani," katanya.

TRIBUN

Show More

Related Articles

Close