Bali Nustra

Bupati Sumba Barat, Pastikan 2021 Pasola Wanokaka Berlangsung Dilapangan Pahola

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANGH.COM/WAIKABUBAK—Bupati Sumba Barat, Drs.Agustinus Niga Dapawole memastikan pesta pasola tahun 2021 akan berlangsung di lapangan pasola Pahola, sekitar 5 km ke arah selatan Wanokaka, ibu KOta Kecamatan Wanokaka.

Hal itu karena lapangan pasola tersebut telah dibangun pada tahun 2108/2019. Membangun lapangan pasola Pahola juga berdasarkan kesepakatan bersama tua adat Wanokaka. Namun demikian, lapangan pasola Pahola belum dapat digunakan untuk kegiatan pasola tanggal 20 Maret 2020 ini karena masih ada tua adat yang belum setuju.

karena itu, pasola tahun ini, tetap berlangsung di lapangan lama. Dan pemerintah akan terus melakukan pendekatan pembicaraan dengan para tua untuk untuk menemukan jalan terbaik agar lapangan pasola pahola segera dimanfaatkan.1

• Persib Maung Bandung Tiba di Solo Disambut Bobotoh? Lihat Aksi Fans Persib Bandung Persis Solo

Bupati Kabupaten Sumba Barat, Drs.Agustinus Niga Dapawole menyampoaikan hal itu dalam arahannya ketika membuka acara musrenbang tingkat Kecamatan Wanokaka di aula kantor Kecamatan Wanokaka, Rabu (12/2/20200.

Bupati Sumba Barat, Drs.Agustinus Niga Dapawole. POS KUPANG/SERVATINUS MAMMILIANUS.
Bupati Sumba Barat, Drs.Agustinus Niga Dapawole. POS KUPANG/SERVATINUS MAMMILIANUS. (POS KUPANG/SERVAN MAMMILIANUS)

Menurunya, saat ini juiga sedang turun tim dari pemerintah pusat untuk meninjau langsung lapangan pasola Pahola untuk mengecek kebenaran apakah bemar lapangan pasola Pahola lebih luas dan lebih pendek dibanding lapangan pasola lama.

Kedatangan tim pusat tersebut menjawab surat keberatan warga yang mempersoalkan lapangan pasola Pahola lebih pendek sehingga pemain pasola tidak leluasa beraksi di lapangan pada hari pelaksanaan pasola.

• Maung Bandung Segera Launching Skuad, Ini Daftar Nama Pemain Terbaik Persib Bandung Liga 1 2020

Dalam kesempatan itu, Bupati Niga Dapawole justru merasa heran, pembebasahan lahan dan kondisi lapangan dilakukan pemerintah kecamatan dengan tua adat. Mestinya saat itu,para tua adat protes karena lapangan kurang luas, kurang pa njang dan sebagai nya sehingga pemnerintah mempertimbangkannya. justru yang terjadi pembebasan lahan dan pembangunan lapangan berjalan aman dan lancar.

karena itu, Bupati Niga Dapawole berjanji akan terus melakukan pendekatan dengan tua adat wanokaka agar lapangan Pahola digunakan. Harapan pasola 2021 berlangsung di lapangan Pahola. (pet)

Atraksi pasola Wanokaka, dua kelompok berkuda saling menyerang menggunakan lembing di lapangan pasola Wanokaka, Kamis (8/3/2018).
Atraksi pasola Wanokaka, dua kelompok berkuda saling menyerang menggunakan lembing di lapangan pasola Wanokaka, Kamis (8/3/2018). (POS KUPANG/PETRUS PITER)

POS KUPANG

Show More

Related Articles

Close