Nasional

Dua Malam Raup Rp 6,9 Triliun, Mayweather Atlet Terkaya Satu Dekade

JawaPos.com– Bintang olahraga di seluruh dunia menjadi komoditas merek olahraga papan atas. Satu dekade yang lalu, hanya Tiger Woods atlet yang mampu mengumpulkan USD 80 juta (sekitar Rp 1,1 triliun) dalam setahun.

Tetapi, sejak 2010, lebih dari 10 atlet top dunia melampaui raihan tersebut.

Namun, di antara mereka, tidak ada yang menandingi Floyd Mayweather Jr.

Kemarin (25/12), Forbes menurunkan laporan terkait pendapatan atlet dunia dalam satu dekade terakhir. Mayweather ditahbiskan sebagai pengumpul pundi-pundi terbesar dengan USD 915 juta (sekitar Rp 12,7 triliun).

Yang menarik adalah jumlah tersebut tidak datang dari skema endorsement ataupun kesepakatan sponsor. Pendapatannya melonjak tajam pada 2015–2017 seiring duelnya dengan petinju Filipina Manny Pacquiao dan petarung bebas UFC Conor McGregor.

Dari dua duel tersebut, dia mengumpulkan lebih dari USD 500 juta (Rp 6,9 triliun). Hasil itu juga menjadi pendapatan dua malam terbesar dalam sejarah dunia olahraga. ’’Aku merasa terhormat bisa mencapai angka pemecahan rekor seperti itu,’’ tulis Mayweather di akun Instagram-nya.

’’Tanpa menjatuhkan yang lain, aku mengumpulkan semua (uang) itu dalam lima tahun,’’ lanjut Money –julukannya.

Titik balik Mayweather bisa mengumpulkan pendapatan besar dimulai pada 2006. Kala itu dia memutuskan hengkang dari promotor tinju Top Rank lewat klausul yang membuatnya kehilangan USD 750 ribu (sekitar Rp 10,4 miliar). Perlahan tapi pasti, dia memulai transformasi dari ’’Pretty Boy’’ menjadi ’’Money’’ Mayweather. Selanjutnya, dia mengatur sendiri semua pertarungannya dan melakukan promosi lewat Mayweather Promotions.

Manajemen pribadi itulah yang membuat segala kerja kerasnya di atas ring terkumpul dengan sempurna. ’’Ini sepenuhnya tentang kerja keras, dedikasi, dan memahami tentang nilai yang aku miliki,’’ sebut Mayweather.

Pundi-pundi uang Mayweather dipastikan bakal bertambah signifikan tahun depan karena dia sudah mengumumkan bakal kembali dari pensiunnya. Belum tahu pertarungan seperti apa yang akan dia lakoni berikutnya. Namun, beberapa bulan lalu, dia mengunggah foto bersama bos UFC Dana White dan merencanakan pertarungan besar.

Dalam daftar Forbes tersebut, Mayweather mengalahkan Cristiano Ronaldo, bintang Juventus yang mengumpulkan uang terbanyak kedua. CR7 –julukan Cristiano Ronaldo– terpaut USD 115 juta (Rp 1,6 triliun) lebih sedikit ketimbang Mayweather. Pundi-pundi yang dikumpulkan Ronaldo datang dari berbagai lini. Termasuk lewat endorsement, terutama dari apparel top dunia Nike.

Atlet Berpenghasilan Terbesar Satu Dekade Terakhir

(Sepuluh Besar)

1. Floyd Mayweather (tinju) USD 915 juta (Rp 12,7 triliun)

2. Cristiano Ronaldo (sepak bola) USD 800 juta (Rp 11,16 triliun)

3. Lionel Messi (sepak bola) USD 750 juta (Rp 10,47 triliun)

4. LeBron James (basket) USD 680 juta (Rp 9,49 triliun)

5. Roger Federer (tenis) USD 640 juta (Rp 8,9 triliun)

6. Tiger Woods (golf) USD 615 juta (Rp 8,5 triliun)

7. Phil Mickelson (golf) USD 480 juta (Rp 6,7 triliun)

8. Manny Pacquiao (tinju) USD 435 juta (Rp 6,07 triliun)

9. Kevin Durant (basket) USD 425 juta (Rp 5,9 triliun)

10. Lewis Hamilton (F1) USD 400 juta (Rp 5,5 triliun)

*) Sumber: Forbes

Kurs USD 1 = Rp13.965

SUMBER

Baca Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button