Bali Nustra

Putri Pariwisata Rivani Bistolen Motivasi Mahasiswa PGSD Undana di Festival Seni dan Budaya

Putri Pariwisata Rivani Bistolen Motivasi Mahasiswa PGSD Undana di Festival Seni dan Budaya

POS-KUPANG.COM | KUPANG — Putri Pariwisata Indonesia tahun 2016 Rivani Bistolen tampil dan memberi motivasi kepada mahasiswa Program Guru Sekolah Dasar ( PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nusa Cendana ( Undana) Kupang.

Rivani tampil menjadi pembicara dalam talkshow Milenial Merespon Budaya pada Festival Seni dan Budaya mahasiswa yang digelar oleh mahasiswa semester V PGSD pada Sabtu (7/12/2019) di halaman Kampus.

• Menjelang Natal dan Tahun Baru 2020, Polda NTT Laksanakan Operasi Pekat, Ini Sasarannya

Selain Rivani, dalam talkshow yang dipandu Afly Du'a Lehan, juga tampil Mr NTT 2019, Fendi Pradana.

Rivani pada kesempatan tersebut memberi motivasi kepada mahasiswa untuk berani menjadi diri sendiri dan fokus mencapai cita cita. Ia menekankan perlunya kepercayaan diri dan kesungguhan untuk mencapai cita cita dan tujuan hidup yang diinginkan. Selain itu, juga mengingatkan tentang pentingnya budaya sebagai karakter dasar yang harus dimiliki setiap orang.

• Padatnya Rumah Penduduk dan Kurang Air Penyebab Sulit Padamkan Api di Rumah Muhamad Faisal

"Untuk teman teman boleh belajar budaya asing tapi jangan lubang budaya sendiri," pesannya.

Ia menyeringkan pengalaman dan perjuangan saat menjadi Putri NTT dan Putri Pariwisata 2016. Selain itu, ia juga mempersembahkan lagu untuk para mahasiswa dan dosen yang hadir.

Menurut Ketua Panitia Rini Andrian Benu (20), talkshow tersebut merupakan satu bagian dari rangkaian kegiatan Festival Seni Budaya mahasiswa PGSD. Pihaknya menghadirkan Putri Pariwisata dan Mister NTT untuk berbagi dan berdialog bersama mahasiswa terkait tema yang diangkat.

Festival Seni dan Budaya tersebut, katanya, merupakan ujian mata kuliah Lintas Budaya yang diimplementasikan dalam bentuk kegiatan.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh mahasiswa semester V yang berjumlah 250 orang. Bentuk kegiatan, katanya, terdiri dari pameran seni dan budaya, fashion show budaya, talkshow bersama Putri Pariwisata 2016 dan Mister NTT 2019 serta pentas lagu daerah yang dipusatkan di halaman gedung PGSD FKIP Undana.

Untuk stand pada pameran budaya, jelasnya, ditanggung oleh masing-masing kelas. Tiap kelas memamerkan berbagai hasil karya kebudayaan seperti kain adat, aksesoris, hasil kerajinan tangan serta makanan lokal.

Ia mengatakan, dengan tema "Milenial Merespon Budaya", panitia mau mengajak mahasiswa sebagai generasi muda untuk tetap peka, menghargai dan tidak lupa dengan budaya daerah dan bangsa, meskipun saat ini, gempuran budaya luar (asing) terhadap generasi muda makin masif.

"Kita angkat tema milenial merespon budaya, kenapa? kita mau ajak generasi muda dan milenial jangan lupa dengan budaya, peka terhadap budaya bangsa, " ujar Rini Benu.

Pada Festival tersebut, seluruh peserta tampak mengenakan pakaian adat masing masing daerah. Selain oleh mereka, stand stand pameran juga dikunjungi oleh mahasiswa lainnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

POS KUPANG

Show More

Related Articles

Close