Jawa

Kejuaraan Koi Hias di Bandung Masuk Rekor Dunia, Diikuti 4.467 Ekor Ikan

BANDUNG, iNews.id – Ribuan orang dari berbagai komunitas pecinta ikan koi mengikuti kejuaraan koi hias yang diselenggarakan di salah satu hotel ternama di Jalan Sudirman, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (15/9/2019).
Kejuaraan ikan koi itu juga mencatatkan nama Indonesia di Guinnes Book of Record dengan jumlah ikan koi terbanyak di dunia.
Berbagai jenis macam ikan koi seperti, jenis koi kohaku, koi tancho, koi ogon yamakugi, dan koi hariwake menjadi primadona para juri.

Selain itu ukuran dari koi-koi yang dilombakan sangat besar mencapai satu meter lebih dengan bobot 20 kg. Kualitas ikan koi di Indonesia mengalahkan negara Jepang selaku produsen koi terbesar di dunia.
Acara ini juga dicatat oleh rekor Muri dan Museum Guinnes Book of Record dengan keikut sertaan perlombaan ikan terbesar di dunia. Total ada 4.467 ikan koi yang dilombakan.
“Ini hari ulang tahun kami, banyak dukungan dari Jepang. Juga dukungan dari petani di Blitar, Tulungagung, Sukabumi, dan Bandung. Makanya kaget juga bisa masuk rekor dunia,” kata Presiden Komunitas Pecinta Koi Internasional, Hartono Soekwanto.


Menurut dia, rekor dunia itu juga pernah dicatatkan di Jakarta di 2.500 ekor. Sedangkan di Jepang hanya ada 2.100 ekor. Kejuaraan ikan koi ini mengalahkan Negeri Matahari Terbit dalam tiga tahun berturut turut di kejuaraan ikan koi hias.

“Di Bandung ini ada 4.467 ekor. Ini suatu penghargaan dari para petani dan pehobi kepada kami,” ucapnya.
Peserta kompetisi ikan koi, Supriatno mengungkapkan dalam kontes tersebut dirinya mengirimkan 2.000 ikan koi. Supriatna juga dinobatkan sebagai pemenang kontes ikan koi dengan katagori peserta yang menyumbangkan ikan koi terbanyak.

Editor : Kastolani Marzuki

TAG : bandung ikan hias rekor dunia ikan koi hias kejuaraan ikan koi internasional
Sumber

Show More

Related Articles

Close