Teknologi

Apple resmi luncurkan iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max

Apple resmi luncurkan iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max

Rabu, 11 September 2019 05:24 WIB

Hasil tangkap layar Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple, Philip W. Schiller, dalam acara "Apple Special Event" yang digelar di Auditorium Steve Jobs, Apple Park, Cupertino, California, Selasa (10/9) pagi waktu setempat atau Rabu dini hari WIB. (apple.com)

Jakarta (ANTARA) – Apple resmi meluncurkan tiga iPhone terbarunya, iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Max dalam acara Apple Special Event yang digelar di Auditorium Steve Jobs, Apple Park, Cupertino, California, Selasa (10/9) pagi waktu setempat atau Rabu dini hari WIB.
"iPhone XR menjadi smartphone terpopuler di dunia. iPhone XS dan XS Max menjadi smartphone yang paling canggih dengan 99 persen kepuasan pelanggan. Kami sangat fokus pada teknologi. Hari ini saya sangat bersemangat untuk menunjukkan iPhone terbaru," ujar CEO Apple, Tim Cook, dalam acara yang disiarkan secara langsung di apple.com.
iPhone 11

Hasil tangkap layar CEO Apple, Tim Cook, saat menjelaskan iPhone 11 dalam acara saat "Apple Special Event" yang digelar di Auditorium Steve Jobs, Apple Park, Cupertino, California, Selasa (10/9) pagi waktu setempat atau Rabu dini hari WIB. (apple.com)

Dari segi desain, iPhone 11 hadir dengan enam pilihan warna yakni ungu, kuning, hijau, hitam, putih dan merah. Perangkat tersebut tampil dengan layar LCD 6,1 inci liquid Retina Display dengan membawa fitur tap to wake.
iPhone 11 dibekali dua sensor kamera yaitu 12MP Wide dan 12MP Ultra Wide yang dipasang vertikal dalam kotak berisi lampu flash.
Sensor 12MP wide camera memiliki bukaan f/1.8 dan telah dilengkapi kemampuan optical image stabilization dengan enam elemen lensa. Sementara, sensor 12MP ultra wide camera memiliki bukaan f/2.4 dengan sudut pandang 120 derajat dan dilengkapi 5 elemen lensa.
Perangkat lunak pada kamera memungkinkan pengguna untuk beralih dari angle wide ke ultra wide dengan menggeser opsi menu.
Kamera iPhone 11 juga dibekali fitur potrait mode untuk hasil foto bokeh yang dilengkapi fitur Depth Control untuk mengatur tingkat bokeh, serta fitur night mode yang dapat meningkatkan intensitas cahaya dan mengurangi noise saat mengambil foto dalam keadaan minim cahaya.
Video pada iPhone 11 juga dapat diambil menggunakan kamera wide dan ultra wide dengan resolusi 4K 60 fps. Ada pula fitur Slo-mo, time-lapse dan cinematic video stabilization.
Untuk kamera depan, iPhone 11 dibekali 12MP TrueDepth camera. Apple menghadirkan fitur Slo-fies untuk pertama kalinya, yang memungkinkan pengguna untuk merekam slow-motion video di kamera depan.
Dari segi performa, iPhone 11 dibekali chipset A13 Bionic, merupakan peningkatan dari pendahulunya A12 yang tertanam di iPhone Xr.
Ponsel tersebut juga diklaim memiliki daya baterai 1 jam lebih lama dibanding iPhone Xr, dan telah mengantongi sertifikat IP68 yang tahan dalam air hingga 2 meter selama 30 menit.
iPhone 11 dibandrol mulai dari 699 dolar AS (sekitar Rp9,8 juta) dan akan mulai tersedia di Apple Store pada 20 September mendatang.
iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max

Hasil tangkap layar Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple, Philip W. Schiller, saat menjelaskan iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max dalam acara "Apple Special Event" yang digelar di Auditorium Steve Jobs, Apple Park, Cupertino, California, Selasa (10/9) pagi waktu setempat atau Rabu dini hari WIB. (apple.com)

Selain iPhone 11, Apple juga meluncurkan dua smartphone yang lebih "kuat" yakni iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max dengan tiga sensor kamera.
"Ini merupakan produk pertama ponsel kami yang kami sebut Pro," ujar Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple, Philip W. Schiller, dalam presentasinya.
iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max memiliki ukuran yang berbeda. iPhone 11 Pro tampil dengan layar OLED 5,8 inci, sementara iPhone 11 Pro Max berukuran lebih besar yaitu 6,5 inci.
Namun, kedua perangkat tersebut hadir dengan varian warna midnight green, space grey, silver white dan gold.
Kedua smartphone tersebut juga dipersenjatai chipset A13 Bionic yang fokus pada Machine Learning.
Chipset tersebut memiliki empat inti efisiensi CPU yang disebut mampu membuat perangkat 20 persen lebih cepat dan 40 persen lebih hemat daya, serta dua inti performa CPU yang diklaim 20 persen lebih cepat dan 30 persen lebih hemat daya.
Untuk grafis, chipset tersebut dibekali empat inti yang disebut mampu membuat perangkat 20 persen lebih cepat dan 40 persen lebih hemat daya. Chipset tersebut juga dibekali Neural Engine dengan delapan inti.
iPhone 11 Pro diklaim tahan empat jam lebih lama dibanding iPhone Xs. Sementara, iPhone 11 Pro Max diklaim tahan lima jam lebih lama dibanding iPhone Xs Max.

Hasil tangkap layar iPhone 11 Pro. (apple.com)

Dari segi kamera, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max dibekali tiga sensor, yakni 12MP wide camera (f/1.8), 12MP telephoto camera (f/2.0) dan 12MP ultra wide camera (f/2.4).
Kedua ponsel tersebut juga dibekali fitur kamera yang sama dengan iPhone 11, termasuk night mode serta video 4K hingga 60 fps.
Saat mengambil video, pengguna dapat menggunakan tiga kamera bersamaan, dan mampu meng-edit video langsung tanpa menggunakan aplikasi lain, untuk mengatur tingkat kecerahan, hingga memotong atau memperbesar.
iPhone 11 Pro dibandrol mulai 999 dolar AS (sekitar Rp14 juta), sementara iPhone 11 Pro Max dibandrol 1.099 dolar AS (sekitar Rp15,4 juta).
Pre-order kedua perangkat tersebut akan dimulai pada Jumat (13/9), dan akan mulai tersedia di Apple Store pada 20 September 2019.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

ANTARA

Show More

Related Articles

Close