Jawa

Bangkai Bus yang Ditabrak KA Parahyangan Dievakuasi, Perjalanan KA Mulai Lancar

KARAWANG, iNews.id – Bangkai Bus Agra Mas nopol T 7915 DC yang ringsek akibat ditabrak KA Argo Parahyangan di perlintasan rel kereta api wilayah Desa Warung Bambu, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sudah dievakuasi, Senin (26/8/2019) sore.
Manager Humas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, evakuasi dilakukan tim Keamanan PT KAI Daop 1 Jakarta bekerja sama dengan polisi menggunakan alat berat agar jalur dapat kembali dioperasikan untuk perjalanan kereta.
Terkait kecelakaan itu, kata Chairunisa, PT KAI menyampaikan permohonan maaf atas gangguan perjalanan lintas Karawang, dampak dari KA 32 Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung kecelakaan dengan bus di jalur kereta api KM 67+2 Karawang-Klari, Senin siang.
“Peristiwa itu mengakibatkan lokomotif CC2961511 mengalami kerusakan dan tidak dapat beroperasi. Prasarana rel juga mengalami kerusakan dan sejumlah perjalanan KA lainnya tertahan,” katanya.
BACA JUGA: Bus Karyawan Ditabrak KA Parahyangan di Karawang, 7 Perjalanan KA Terganggu
Menurut dia, langkah yang dilakukan PT KAI Daop 1 Jakarta atas kejadian itu ialah mengirim lokomotif pengganti untuk KA 32 Argo Parahyangan, melakukan perbaikan pada jalur, serta melakukan evakuasi di tempat kejadian.
Seluruh kru KA dan penumpang pada KA 32 Argo Parahyangan selamat. Seluruh penumpang pada rangkaian tersebut sudah kembali melanjutkan perjalanan, dengan lokomotif pengganti.
Sementara itu, peristiwa kecelakaan di perlintasan liar kereta api wilayah Desa Warung Bambu, Karawang itu mengakibatkan terganggunya perjalanan kereta.
Kereta yang terganggu perjalanannya akibat peristiwa itu ialah Kereta Api Lokal 326 Walahar Ekspres (relasi Tanjung Priok-Purwakarta) tertahan di Karawang, KA 68 Cirebon Ekspres (Gambir-Cirebon) tertahan di Kedunggede serta KA 156 Singasari (Pasar Senen-Malang) tertahan di jalur III Lemahabang.
Kereta api lainnya yang terganggu perjalanannya ialah KA 2516 tertahan di jalur IV Lemahabang, KA 34 argo Parahyangan (Gambir-Bandung) tertahan di Cikarang, PLB 7051 Argo Parahyangan (Bandung-Gambir) tertahan di Kosambi, serta KA 144 Jayabaya (Pasar Senen-Surabaya Gubeng) tertahan di Tambun.
Atas kejadian itu, PT KAI Daop 1 Jakarta berharap agar keberadaan perlintasan sebidang liar dapat segera diatasi. Di antaranya dengan penutupan perlintasan atau pembuatan jalur yang tidak sebidang dengan lintasan kereta seperti pembuatan jembatan layang.

Editor : Kastolani Marzuki

TAG : pt kai kecelakaan ka karawang ka argo parahyangan bus agra mas perlintasan desa warung bambu bangkai bus dievakuasi perjalanan KA mulai lancar
Sumber

Baca Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button