Nasional

Bikin Khawatir, Timnas Basket Amerika Kalah dari Pemain-Pemain Buangan

JawaPos.com-Ketakutan anjloknya performa Team USA alias timnas basket Amerika Serikat karena ditinggal bintang-bintang NBA mencapai puncaknya kemarin. Dalam agenda scrimmage game di akhir sesi latihan, tim asuhan Gregg Popovich itu dikabarkan takluk dua kali dari tim yang diisi oleh pemain-pemain ‘buangan’ NBA alias G-League.

Kabar ini diembuskan kali pertama oleh jurnalis The Athletic, Sam Amick. Jurnalis senior NBA itu mengklaim mendapat bocoran dari sumbernya yang merupakan orang dalam Team USA. Scrimmage game kali ini memang tidak bisa dilihat bebas media lantaran merupakan bagian dari latihan tertutup.

Dalam scrimmage game itu Team USA kalah 17-36. Uji tanding itu dilakukan dua kali. Masing-masing selama sepuluh menit. Skor yang bocor ke media hanya hasil dari scrimmage game terakhir. “Ini bukan persiapan yang baik sebelum laga ekshibisi melawan Spanyol pada Jumat (Sabtu, WIB),” kata Amick dilansir USA Today.

Pantas hasil ini langsung membuat khawatir. Sebab, ajang FIBA World Cup 2019 Tiongkok sudah tinggal 17 hari lagi. Jika tak mampu meningkatkan performa, dominasi Negeri Paman Sam yang meraih juara dua dalam dua edisi terakhir bisa lepas.

Kekhawatiran akan performa Team USA makin tinggi lantaran tim asuhan Popovich dilaporkan sudah turun dengan komposisi terbaik yang mereka miliki. Dalam laga itu pelatih San Antonio Spurs itu banyak memberi minutes play kepada enam pemain terbaik yakni Kemba Walker, Khris Middleton, De’Aaron Fox, Jayson Tatum, Jaylen Brown, dan Donovan Mitchell.

Namun, mereka tetap saja masih belum mampu menang dari tim lawan yang ditangani oleh Jeff Van Gundy tersebut. Padahal, nama-nama pemain yang ada di tim Van Gundy itu sangat asing di telinga mayoritas fans NBA.

Hampir semua pemain itu hanya tampil di G-League. Beberapa adalah pemain yang tidak terpilih dalam NBA Draft. Hanya satu pemain di skuad Van Gundy yang tercatat merupakan jebolan first round pick NBA Draft. Dia adalah Justin Anderson yang musim lalu membela Atlanta Hawks.

Sampai kemarin, semua skuad Team USA bungkan terkait kekalahan itu. Hanya satu pemain yang mau buka suara ke media. Dia adalah Marcus Smart. Pemain Boston Celtics itu menyatakan kekalahan itu seharusnya tidak boleh terjadi. “Ini memang sangat memalukan,” ucap Smart dilansir Clutchpoints.

SUMBER

Show More

Related Articles

Close