Jawa

PVMBG: Abu Erupsi Gunung Tangkuban Parahu Tak Hitam Pekat Lagi

JAKARTA, iNews.id – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebutkan abu erupsi Gunung Tangkuban Parahu saat ini tidak begitu hitam pekat lagi.

"Saat ini abu vulkanik yang muncul dari Kawah Ratu ini sudah tidak begitu hitam pekat lagi," demikian pantauan PVMBG di Pos Pengamatan Gunung Api Tangkuban Parahu, Jumat (26/7/2019).

Warna abu vulkanik yang muncul dari Kawah Ratu sudah cukup putih, artinya yang dikeluarkan saat ini hanya uap air.

BACA JUGA: Gunung Tangkuban Parahu Erupsi, Abu Vulkanik hingga Radius 2 Km

Pihaknya merekomendasikan kepada masyarakat yang berada di sekitar gunung itu agar tidak mendekati wilayah wisata Tangkuban Parahu.

Sebelumnya, Gunung Tangkuban Parahu yang terletak di perbatasan Bandung Barat dan Subang Jabar mengalami erupsi pertama pada pukul 15.48 WIB. Kolom abu teramati dengan ketinggian kurang lebih 200 meter di atas puncak.

"Masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu dan pengunjung tidak diperbolehkan turun mendekati dasar kawah Ratu dan Kawah Upas dan tidak boleh menginap dalam kawasan kawah-kawah aktif," ujar dia.

BACA JUGA: Sejumlah Desa di Bandung Barat Waspada Hujan Abu Vulkanik

Diimbau juga untuk tidak menginap di sana ketika cuaca mendung dan hujan, karena terdapatnya gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan kehidupan manusia.

Masyarakat di sekitar gunung diminta untuk tetap tenang dan tidak terpancing oleh isu-isu yang tidak benar, serta memonitor peringatan maupun informasi.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

TAG : gunung meletus tangkuban parahu bandung barat abu vulkanik
Sumber

Show More

Related Articles

Close