Bali Nustra

Arman Depari: Meskipun Nunung Direhabilitasi, Proses Hukum Tetap Berlanjut

Kata Arman Depari: Meskipun Nunung Direhabilitasi, Proses Hukum Tetap Berlanjut

POS-KUPANG.COM | JAKARTA – Deputi Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasional ( BNN) Irjen Arman Depari mengatakan, warga yang menjadi pecandu narkoba memiliki hak untuk direhabilitasi.

Hal itu juga berlaku untuk pelawak Nunung yang kini menjadi tersangka penyalahgunaan narkoba. Jika menjalani proses rehabilitasi, status Nunung sebagai tersangka penyalahgunaan narkoba tidak hilang dan proses hukum tetap berlanjut.

• Ahok Bilang Karier Politiknya Selesai, Begini Pandangan Pengamat Komunikasi Politik Arya Fernandes

"Setiap warga negara Indonesia, sesuai dengan aturan, kalau dia menggunakan, pecandu, atau pemakai narkoba, wajib direhabilitasi. Jadi setiap orang punya hak untuk rehabilitasi. Namun hak rehabilitasi ini tidak kemudian menghilangkan tindak pidana yang terjadi," kata Arman di Kantor BNN, Cawang, Jakarta Selatan, Selasa (22/7/2019).

Arman menjelaskan, jika permohonan rehabilitasi Nunung dikabulkan, proses penyelidikan tetap berlanjut. Hingga saat ini BNN belum menerima permintaan asesmen dari penyidik Polda Metro Jaya sebagai syarat Nunung bisa menjalani rehabilitasi.

• PDI-P Tak Ikut Pertemuan Ketum Parpol di Kantor NasDem, Ini Penjelasan Hendrawan Supratikno

"Kalau yang bersangkutan tidak terlibat jaringan, bukan sebagai pengedar, bandar, maka dia diberikan perawatan berupa rehabilitasi dan terapi. Berapa lama, itu tergantung hasil asesmen, keputusan dokter, konselor yang menangani," ujar Arman.

Nunung dan suaminya ditangkap polisi terkait dugaan penyalahgunaan narkoba jenis sabu-sabu di rumahnya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Jumat lalu.

Keduanya ditangkap setelah melakukan transaksi sabu-sabu dengan tersangka HM alias TB. Ketiganya telah ditetapkan sebagai tersangka kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu.

Mereka juga terbukti positif menggunakan narkoba berdasarkan hasil tes urine yang dilakukan. (Kompas.com/Dean Pahrevi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BNN: Walau Nunung Akan Direhabilitasi, Tindak Pidananya Tidak Hilang",

POS KUPANG

Show More

Related Articles

Close