Jawa

Kuli Bangunan Selundupkan Ganja 169 Kg di Sawangan Depok Ditangkap

BANDUNG, iNews.id – Aksi penyelundupan narkotika jenis ganja digagalkan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Barat. Dalam pengungkapan kasus tersebut, sedikitnya 169 kilogram (Kg) ganja diamankan dari kurir yang merupakan seorang kuli bangunan.
Informasi yang dirangkum iNews, penangkapan tersangka berinisial ID berkat kejelian petugas yang mengerahkan anjing pelacak. Tersangka yang sudah diintai ditangkap saat membawa puluhan paket ganja dalam karung dan dus ketika melintas menggunakan kendaraan roda empat di Kawasan Sawangan, Depok.
Dari pengakuannya, ganja tersebut berasal dari Aceh. Tersangka sudah empat kali menjalankan pengiriman dengan upah Rp100.000 untuk setiap satu Kg ganja.
BACA JUGA: BNN Tembak Mati Pengedar Narkoba 81 Kg Sabu di Asahan, 13 Tersangka Ditangkap
“Saya hanya mengantar saat mendapat telepon ke lokasi tujuan. Selama ini pengantaran hanya di sekitaran wilayah Jabar. Saya sudah empat kali dengan ini,” ujar tersangka DI di Kantor BNNP Jabar, Kamis (11/7/2019).
Kepala BNNP Jabar Brigjen Pol Sufyan Syarif mengatakan, wilayah hukumnya merupakan daerah strategis bagi para pengedar narkotika dalam memasarkan barang haram tersebut.
“Jabar ini memiliki jumlah penduduk terbanyak di Indonesia sehingga kerap menjadi target peredaran narkoba,” katanya.
Dia menegaskan, akan terus berupaya memberantas narkoba. Karena itu, BNNP selalu menjalin sinergitas bersama seluruh elemen masyarakat dan stakeholder untuk memerangi narkoba.
Narkoba ini sudah sampai ke desa-desa. Ini yang jadi perhatian kami. Karena itu kami sudah jalankan Program Desa Bersinar yang bebas narkoba dengan dukungan TNI dan Polri,” tuturnya.
Diketahui, dalam pengungkapan kasus narkoba ini, tersangka ID tak bekerja sendirian. Ada dua rekannya yang kini masih buron. Mereka berbagi tugas dan peran.
Saat ini, tersangka ID mendekam dalam penjara. Dia harus mempertanggungjawabkan perbuatannya dan terancam hukuman di atas 15 tahun penjara.

Editor : Donald Karouw

TAG : penyelundupan narkoba ganja bnnp jabar depok
Sumber

Show More

Related Articles

Close