Jawa

Kakek 91 Tahun di Sumedang Pergi Haji dari Penghasilan Buruh Tani

SUMEDANG, iNews.id – Seorang kakek berusia 91 tahun mampu melaksanakan ibadah haji dari penghasilan sebagai buruh tani. Meski pendengarannya mulai terganggu, namun dia masih mampu berdiri dan melaksanakan salat.

Kakek Uja, sapaannya, sangat bersyukur atas panggilan ibadah haji yang merupakan rukun Islam kelima ini. Saat ditemui iNews di rumahnya, Kecamatan Ganeas, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Jabar), sedang berkumpul dengan sanak keluarga.

"Saya senang, akhirnya bisa melaksanakan ibadah haji," kata Uja yang merupakan calon jamaah haji kloter 16 embarkasi Jakarta, Rabu (10/7/2019).

BACA JUGA: 10 Tahun Jadi TKI, Kuli Bangunan asal Gowa Mampu Berangkat Haji

Uja rencananya akan berangkat pada Rabu sore dari Sumedang menuju Jakarta. Buruh tani di Desa Cikondang ini rencananya akan ditemani salah satu anaknya, karena sang istri sudah lebih dulu meninggal dunia.

Seorang anak kakek Uja, Ahmad Fadil mengatakan, ayahnya sudah punya niatan melaksanakan ibadah haji sejak lama. Dia mengumpulkan uang dari hasil jerih payahnya sebagai buruh tani di kampung.

"Bapak menabung jauh-jauh hari, hingga akhirnya hari ini bisa berangkat," ujar Fadli.

Bagi kakek Uja, usia lanjut tak menjadi halangan untuknya menunaikan ibadah haji. Dia berharap dengan menunaikan ibadah rukun Islam kelima ini, dia menjadi seorang ahli ibadah dan pulang ke tanah air sebagai haji yang mabrur.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

TAG : haji jamaah haji calhaj makkah
Sumber

Show More

Related Articles

Close