Nasional

Fuku-Hiro Rontokkan Dominasi Chen Qingchen/Jia Yifan

JawaPos.com – Sejak menjuarai All England 2019, pasangan Tiongkok Chen Qingchen/Jia Yifan seakan tidak bisa dibendung. Mereka selalu menjuarai semua turnamen yang mereka ikuti. Dominasi mereka sejak bulan Maret tersebut akhirnya rontok di tangan pasangan Jepang Yuki Fukushima/Sayaka Hirota di Australia Terbuka 2019.

Tampil dengan gaya main reli panjang nan taktis yang menjadi ciri khas keduanya, Fuku-Hiro akhirnya berhasil menghentikan upaya Qingchen/Yifan menyabet gelar juara mereka yang keempat di tahun ini. Fukushima/Hirota mengakhiri perlawanan musuh dalam dua gim dengan skor 21-10 dan 21-16.

Kemenangan ini juga menyamakan rekor pertemuan kedua pasangan. Ini merupkan kemenangan keenam Fuku-Hiro dari total 12 kali pertemuan mereka dengan Qingchen/Yifan.

Gelar juara Australia Terbuka 2019 sekaligus merupakan gelar juara kedua buat Fukushima/Hirota di 2019 setelah Malaysia Masters 2019 di awal tahun.

Tahun lalu, Fukushima/Hirota merupakan satu dari tiga pasangan ganda putri Jepang yang sangat dominan. Bersama Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi dan Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara, ketiga pasangan ini membuat sektor ganda putri Jepang betul-betul menjadi momok yang menakutkan.

Namun, kedigdayaan mereka mulai pudar di tahun ini. Bangkitnya kekuatan sektor ganda putri Tiongkok dan munculnya beberapa pasangan muda Korea Selatan terbukti sanggup mengganggu mereka dalam melanjutkan dominasi 2018.

Meski demikian, saat ini ketiga pasangan ganda putri Jepang tersebut masih berada dalam posisi tiga besar dunia. Fukushima/Hirota sendiri berada di ranking dunia, sementara Mayu/Wakana dan Misaki/Ayaka masing-masing berada di ranking 1 dan 3 dunia.

Jepang sebetulnya berpotensi membawa pulang dua gelar juara lainnya dari nomor ganda putra dan tunggal putri. Sayang, cuma Fuku-Hiro yang sukses naik ke podium tertinggi.

Pasangan ganda putra Takeshi Kamura/Keigo Sonoda harus mengakui kehebatan pasangan gaek Korea Selatan Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol, sementara Nozomi Okuhara sukses dibuat tidak berdaya oleh jagoan Tiongkok Chen Yufei.

SUMBER

Show More

Related Articles

Close