Olahraga

Timnas sofbol gagal perpanjang rekor kemenangan atas Hong Kong

Timnas sofbol gagal perpanjang rekor kemenangan atas Hong Kong

Jumat, 3 Mei 2019 15:48 WIB

Timnas sofbol putri Indonesia berkumpul sebelum memulai pertandingan Indonesia lawan Hongkong dalam ajang Womens Softball Asia Cup 2019 di Lapangan Softball Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (3/5/2019). (Arinda Meodia)

Jakarta (ANTARA) – Timnas sofbol putri Indonesia gagal memperpanjang rekor kemenangan atas Hong Kong setelah mengalami kekalahan tipis 6-7 pada Asia Women Softball Cup 2019 di lapangan sofbol/bisbol Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat.
Pada pertemuan sebelumnya yakni saat Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, Cresida “Sisi” Mariska mampu menang dengan skor telak 13-0.
“Hasilnya di sini di luar target kita. Target kita memang harusnya menang,” kata pelatih kepala timnas sofbol putri Indonesia, Michael Trisnadi, ditemui usai pertandingan.
Dalam pertandingan yang berlangsung sebanyak tujuh inning tersebut Indonesia sebenarnya sempat memimpin dalam pengumpulan skor.
Pada inning pertama, Hong Kong unggul dari Indonesia 2-1. Selanjutnya, pada inning kedua, Indonesia berhasil memimpin pertandingan dengan skor 5-3.
Indonesia berhasil menambah angka menggenapkan skor menjadi 6-3 pada inning kelima. Namun, posisi tersebut tidak berlangsung lama, Hong Kong mengejar ketinggalan, bahkan memimpin pertandingan dengan skor 7-6. Skor tersebut bertahan hingga Inning terahir.
“Overall, sebenarnya lumayan bagus, cuman banyak kesalahan sendiri yang menghasilkan peluang untuk mereka. Sebenarnya, clean hit mereka tidak banyak, cuman banyak kesalahan di defense-nya kita,” kata Trisnadi.
Selain evaluasi pada pertahanan tim, Trisnadi mengatakan akan terus meningkatkan kemampuan batting (pukulan) para pemain.
Sementara itu, menurut pemain senior Cresida “Sisi” Mariska tim-nya telah melakukan yang terbaik.
“Kalau sudah game ketat ini mental versus mental, yang tadi terjadi itu memang pembelajaran yang sangat berharga banget buat kita kalau ke depannya mentalnya kita harus lebih kuat dari tim lawan, tapi untuk teman-teman semua kita sudah kasih semaksimal mungkin,” kata Sisi.
Pemain bernomor punggung 77 itu juga mengatakan pertandingan melawan Hong Kong tersebut dapat menjadi pembelajaran untuk pertahanan tim.
“Defense seharusnya kita bisa lebih main bersih, balik lagi main back to basic, satu satu, enggak boleh buru-buru, pembelajaran kita ke depannya,” ujar Sisi.
Usai melawan Hong Kong, Indonesia harus menunggu hasil pertandingan Hong Kong lawan Singapura pada sore hari ini yang akan menentukan langkah Indonesia untuk masuk ke semifinal.
Asia Women Softball Cup 2019 yang digelar di Lapangan Softball, Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 1-7 Mei, diikuti sembilan negara yakni Indonesia, Jepang, Thailand, Filipina, Singapura, China, Taiwan, India, dan Korea.
Indonesia berada di Group B bersama Filipina, Taiwan, Hong Kong dan Singapura.
Baca juga: Timnas sofbol putri fokus perbaiki "batting" dan "pitching"
Baca juga: Indonesia akan jadi tuan rumah kejuaraan sofbol putri Asia

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Original Article

Show More

Related Articles

Close