Luar Negeri

Indonesia-Iran gelar seminar internasional pendidikan

Indonesia-Iran gelar seminar internasional pendidikan

Jumat, 3 Mei 2019 16:59 WIB

Seminar internasional di bidang pendidikan yang diadakan oleh Indonesia bersama Iran di Qom, Iran pada Kamis (2/5) itu bertajuk "Islam, Democracy and Citizenship Education: the Experience of Indonesia and Iran" (Pendidikan Islam, Demokrasi dan Kewarganegaraan: Pengalaman Indonesia dan Iran). (KBRI Tehran)

Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Indonesia dan Iran bekerjasama untuk menggelar seminar internasional di bidang pendidikan dalam rangka merayakan hari pendidikan, seperti disampaikan dalam keterangan tertulis dari KBRI Tehran yang diterima di Jakarta, Jumat.
Seminar internasional di bidang pendidikan yang diadakan oleh Indonesia bersama Iran di Qom, Iran pada Kamis (2/5) itu bertajuk "Islam, Democracy and Citizenship Education: the Experience of Indonesia and Iran" (Pendidikan Islam, Demokrasi dan Kewarganegaraan: Pengalaman Indonesia dan Iran).
Dalam seminar itu, Duta Besar RI untuk Iran Octavino Alimudin menegaskan bahwa kehidupan toleransi beragama yang memperkuat persatuan dan kesatuan Indonesia merupakan hasil dari pendidikan dini di sekolah serta pendidikan islam yang ikut membentuk karakter nasional Indonesia.
"Kita harapkan juga pendidikan Islam dapat merespon perkembangan zaman dengan tetap meninggalkan ekstremisme agar keutuhan persatuan Indonesia dapat tetap terjaga," Dubes Octavino.
Dubes RI untuk Iran itu juga menekankan bahwa Indonesia dan Iran dapat terus berkolaborasi dalam kerja sama pendidikan, meningkatkan hubungan antaruniversitas di kedua negara serta melakukan penelitian bersama, berbagi pengetahuan dan pengalaman.
Seminar yang diselenggarakan oleh KBRI Tehran bersama dengan Ikatan Pelajar Indonesia (IPI) di Iran itu juga didukung dengan kerja sama erat yang telah terjalin dengan Al Mustafa International University yang berpusat di Qom.
Dalam kegiatan diskusi pada seminar tersebut dibahas mengenai pendidikan islam dan tantangannya untuk menghadapi modernitas serta berbagai ilmu yang dapat dikembangkan untuk kemajuan kedua negara.
Seminar yang dihadiri oleh pengajar dan mahasiswa dari berbagai universitas di Qom dan sekitarnya itu menjadi salah satu kegiatan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional yang dirayakan oleh Indonesia serta bertepatan dengan Hari Guru di Iran.
Hari pendidikan yang diperingati oleh kedua negara tersebut menjadi momen yang tepat untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman kedua negara di bidang pendidikan.
Melalui berbagai kegiatan seminar, diskusi dan pertukaran penelitian diharapkan kerja sama pendidikan antara Indonesia dan Iran dapat terus berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat kedua negara.

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Eliswan Azly
COPYRIGHT © ANTARA 2019

  • TAGS:
  • KBRI Tehran
  • seminar pendidikan Indonesia-Iran
  • Hari Guru di Iran

Berita Terkait

Banjir di Bandung Timur

24 menit lalu

MELESTARIKAN BUDAYA BANGSA LEWAT

26 menit lalu

Kekerasan terhadap jurnalis masih tinggi

3 Mei 2019 19:45

"Megengan Kubro" di Surabaya sajikan 21 ribu apem sambut ramadhan

3 Mei 2019 19:45

Sejarah baru, final voli putri pada hari terakhir Olimpiade Tokyo 2020

3 Mei 2019 19:34

Hasil tangkapan ikan nelayan Lhokseumawe capai 20 ton/hari

3 Mei 2019 19:28

Di Indramayu Jokowi-Ma'ruf raih 71,47 persen

3 Mei 2019 19:27

Raturan relawan Jokowi-Ma'ruf gelar silaturahmi di Jakarta

3 Mei 2019 19:26

PKB-Nasdem raih kursi terbanyak di DPRD Jember

3 Mei 2019 19:21

Politisi Gerindra temui SBY di Singapura

3 Mei 2019 19:18

SSB Indonesia jadwalkan berlatih-bertanding di Spanyol

3 Mei 2019 19:17

Bernostalgia dengan jajanan tempo dulu di pasar lepen

3 Mei 2019 19:02

Komentar

Kirim ×

Login

Username Password Tetap masuk Masuk Belum Daftar? Registrasi Login Dengan FACEBOOK TWITTER GOOGLE Tutup
Sumber: ANTARA

Show More

Related Articles

Close