Jawa

Kawal Pemilu di Kota Bandung, Bawaslu Turunkan 7.107 Petugas

BANDUNG, iNews.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandung akan mengerahkan sekitar 7.107 petugas untuk melakukan pengawasan selama masa Pemilu 2019. Mereka dikerahkan untuk mencegah politik uang, aktivitas kampanye, hingga pemungutan dan penghitungan suara.
“Bawaslu Kota Bandung sampai tingkat TPS mengerahkan 7107 petugas yang dikerahkan semua ke seluruh TPS hingga hari H pencoblosan dan masa tenang kampanye,” kata Ketua Bawaslu Kota Bandung, Zaky Muhammad Zamzam Zacky, Senin (15/4/2019).

BACA JUGA:

KPU Minta Bantuan TNI Distribusi Logistik Pemilu 2019

KPU Tunggu Rekomendasi Bawaslu soal Petisi 'Pemilu Ulang' di Sydney

Zaki mengatakan, para petugas pengawasan tersebut telah mengikuti dua kali bimbingan teknis (bimtek) untuk mempersiapkan sejumlah koordinasi dengan Bawaslu. Mereka juga memiliki grup di aplikasi WhatsApp untuk berkoordinasi.
“Supaya nanti saat pelaksanaan atau bahkan di hari tenang ini, mereka tetap komunikasi koordinasi dengan pengawas di atasnya kemudian,” katanya.
Para petugas juga pengawas wajib melaporkan peristiwa yang terjadi di setiap TPS nantinya melalui aplikasi yang disebut Siwaslu.
“Ada kewajiban mereka untuk melakukan pelaporan melalui aplikasi daring untuk setiap peristiwa yang terjadi di TPS, atau bahkan sebelum di masa tenang. Tapi, memang laporan itu langsung ke server Bawaslu RI,” katanya.
Bawaslu melakukan identifikasi supaya laporan sampai ke Bawaslu Kota Bandung, informasi dilaporkan ke kelurahan. “Kemudian, dilaporkan ke pengawas kecamatan dari kecamatan ke kita (Bawaslu Kota Bandung),” katanya.

Editor : Maria Christina

TAG : pemilu 2019 bawaslu bandung
Sumber

Show More

Related Articles

Close