Bali Nustra

Saleh Husin jadi Anggota MWA Universitas Indonesia

POS-KUPANG.COM – Putra NTT kelahiran Pulau Rote, Saleh Husin terpilih menjadi anggota Majelis Wali Amanah (MWA) Universitas Indonesia (UI). Mantan Menteri Perindustrian itu mewakili unsur masyarakat.

Selain Saleh Husin, anggota MWA UI lainnya, yakni Jonatan Tahir, Darmin Nasution, Erik Thohir dan Noni Sri Ayati Purnomo. "MWA unsur masyarakat yang ke-6 adalah Hans Kartikahadi," sebut Saleh Husin ketika menghubungi Pos-Kupang.com via WhatsApp, Kamis (14/3/2019).

Menurut Saleh, pemilihan anggota MWA UI menggunakan sistem voting. Proses pemilihan berlangsung Kamis pagi. "Barusan jam 11 tadi voting," terang Saleh.

Managing Director APP Sinar Mas, Saleh Husin mengikuti Festival Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tingkat Nasional dan Pameran Usaha Kehutanan (PUSAKA) 2018 di Yogyakarta.
Managing Director APP Sinar Mas, Saleh Husin mengikuti Festival Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tingkat Nasional dan Pameran Usaha Kehutanan (PUSAKA) 2018 di Yogyakarta. (ISTIMEWA)

Selain unsur masyarakat, anggota MWA juga dari unsur dosen. Ada tujuh orang, yaitu Bambang Brodjo, Freddy Tobing, Wiku Bakti, Yosi Kusuma, Sri Mardiyati, Corina DS Riantoputra dan Sri Mulyani Indrawati yang saat ini menjabat Menteri Keuangan.

Saleh menjelaskan, MWA memiliki tugas dan kewajiban, di antaranya menetapkan kebijakan umum UI setelah mendapatkan pertimbangan dari SA dan DGB, melakukan pengawasan terhadap kondisi keuangan UI, mengesahkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), Rencana Strategis (Renstra), dan RKA serta mengevaluasi implementasinya.

Selain itu, memberikan masukan kepada Rektor atas pengelolaan UI, dan pelaksanaan peraturan perundang-undangan. Melakukan penilaian atas kinerja Rektor sekali dalam setahun, bersama-sama dengan SA dan DGB, mengangkat dan memberhentikan Rektor UI, dan menyelesaikan permasalahan UI yang tidak dapat diselesaikan organ lain setelah melalui pertimbangan rapat koordinasi antar organ.

Managing Director Sinar Mas Group Saleh Husin di ajang Trade Expo Indonesia 2017 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu (11/10/2017).
Managing Director Sinar Mas Group Saleh Husin di ajang Trade Expo Indonesia 2017 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu (11/10/2017). (ISTIMEWA)

"Dalam hal penyelesaian masalah sebagaimana dimaksud pada perihal nomor 7 tidak dapat diselesaikan oleh MWA, penyelesaian dilakukan oleh menteri," kata Saleh.

Saleh mengatakan, MWA dapat mendelegasikan kewenangannya secara tertulis kepada Rektor untuk tugas-tugas tertentu. Dalam melaksanakan tugasnya MWA dibantu oleh Komite Audit (KA) dan Komite Risiko (KR). (*)

POS KUPANG

Show More

Related Articles

Close