Jawa

Waspada, Puluhan Warga di Kuningan Mulai Terjangkit Demam Berdarah

KUNINGAN, iNews.id – Memasuki musim penghujan, sejumlah warga di Kuningan, Jawa Barat, mulai terserang penyakit demam berdarah dengue (DBD). Para pasien dirawat di sejumlah rumah sakit yang ada di Kuningan.
Di Rumah Sakit Elshifa, Kuningan, ini misalnya, belasan pasien DBD tengah menjalani perawatan. Para pasien yang terkena DBD awalnya mengalami panas dingin dan lemas di sertai bintik-bintik di tangan. Sejumlah pasien yang terjangkit demam berdarah harus menjalani rawat inap di rumah sakit.
Rata-rata pasien yang dirawat di RS Elshifa Kuningan merupakan orang dewasa. Hingga kini jumlah pasien DBD yang dirawat intensif di RS Elshifa berjumlah 12 orang. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah karena masih ada pasien yang memilik gejala yang sama namun masih menunggu hasil laboratorium.

Salah seorang pasien DBD, Jumati mengaku, awalnya dia mengalami meriang panas dingin serta lemas dan tanganya bintik-bintik.
"Saya langsung memeriksa ke puskesmas namun dianjurkan rujuk langsung ke rumah sakit. Setelah periksa darah baru ketahuan kalau saya kena demam berdarah,” ucapnya saat ditemui, Kamis (17/1/2019).
Warga diimbau agar selalu menjaga kebersihan lingkungan agar terhidar dari penyakit ini. Dengan hidup bersih, perkembangbiakan nyamuk penyebab penyakit ini bisa ditekan.
Selain itu, warga juga berharap pemerintah agar melakukan fogging di desa mereka untuk memberantas peredaran nyamuk.

Editor : Himas Puspito Putra

TAG : rumah sakit dbd demam berdarah kuningan
Sumber

Show More

Berita Terkait

Close