Nah Ini Dia

Bila Ibu Mertua Penasaran dengan Menantu

Home Nah Ini Dia

Bila Ibu Mertua Penasaran dengan Menantu

Senin, 14 Januari 2019 — 6:52 WIB

MUNIARTI , 45, ini mungkin jadi ibu mertua paling celamitan se-Surabaya. Bayangkan, hanya karena dengar isyu “burung” manantu ndemenakake (asyik), dia jadi penasaran ingin mencobanya. Tapi ternyata Bunardi, 30, mantu kocluk (tolol) juga, hasrat mertua dilayani juga. Tentu saja istri Bunardi sewot.

Dunia semakin tua dan kiamat sudah dekat, begitu kata Deddy Mizwar. Buktinya orang semakin tanpa beban berbuat durjana. Yang jadi pejabat, mencatut uang negara. Yang jadi mertua, tega mencatut hak anak perempuannya, gara-gara termakan isyu “burung” menantu. Ini mengingatkan lirik lagu penyanyi May Sumarno tahun 1970-an “Wahai burung dalam sangkar, nasibmu nyaman benar……!”

Ny. Murniati warga Surabaya ini menyandang status janda terlalu cepat. Suaminya meninggal beberapa tahun lalu ketika sang istri sedang hot-hotnya dalam usia 40 tahun. Tanpa suami, berarti dia menjadi sangat kesepian, karena terhenti aktivitas dalam mencari kehangatan di malam hari.

Dia selama ini memang ditemani anak perempuannya, Tatik, 25, yang sudah menikah dengan Bunardi. Hubungan mertua dan menantu selama ini baik-baik saja, karena semuanya bergerak dalam koridor masing-masing. Keduanya saling menghormat, sepi dari perbuatan sekedar mencari nikmat.

Sampai kemudian berkembang isyu di masyarakat Kapasari, bahwa “burung” Bunardi berukuran besar, king size filter. Sebagai janda yang sudah lama non aktif, risih juga Murniati mendengar isyu yang viral dalam grup WA. Itu awalnya. Belakangan, dia malah jadi penasaran. Apa iya sih, apa kira-kira seperti burungnya May Sumarno yang sempat top hit dalam tangga lagu-lagu di tahun 1970-an, “Wahai burung dalam sangkar, nasibmu nyaman benar……”

Lupa akan statusnya sebagai mertua, Murniati kemudian pengin menjajal kemampuan Bunardi, jika isyu itu bukan hoaks. Mulailah dia mencoba mendekati sang menantu. Rupanya Bunardi ini memang menantu kocluk sekaligus kurang piknik. Masak rasa penasaran mertua dijawab dengan kata singkat, “Ya ayoo…..!”

Singkat cerita hubungan terlarang menantu-mertua itu terjadi. Lokasinya bukan dalam hotel, tapi di rumahnya sendiri, di kala istri Bunardi masih sibuk di kantor. Gila memang. Di kala istri kerja membanting tulang, di rumah mertua dan menantu malah “banting-bantingan” di ranjang. Kata Murniati dalam hati, isyu itu benar adanya, dan bukan hoaks.

Belum lama ini kembali Murniati – Bunardi kembali berlaga di siang hari, matine show untuk istilah BKSBY (Badan Kerjasama Bioskop Yogya) sebelum tahun 1970. Tapi sial rupanya, Ny. Tatik yang diperhitungkan sudah di kantor, ternyata kembali lagi ke rumah dan menyaksikan adegan terkutuk itu.

Desah ibunya membuat Tatik terpekik dengan umpatannya, “Terkutuk kalian semua!” Keduanya pun segera bergegas membenahi pakaian masing-masing sebelum berbunyi peluit panjang di 45 menit kedua. Saat dinterogasi oleh anaknya, tanpa malu-malu Ny. Murniati mengaku bahwa dia penasaran akan isyu bahwa “burung” menantunya berukuran king size. “Bukankah setiap isyu harus diklarifikasi?” kata Murniati.

Tatik muak dengan penjelasan ibunya yang telah menjadi musuh dalam selimut. Hari berikutnya dia segera mendaftarkan gugatan cerai ke Pengadilan Agama Surabaya. Dia sendiri heran, publik kok tahu-tahunya “aset” suaminya, padahal tak pernah pula dirilis di majalah Forbes.

Didapat dari Wikileaks, ngkali. (*/Gunarso TS)

Baca Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button