Teknologi

Perceraian Jeff Bezos dikhawatirkan pengaruhi Amazon

Perceraian Jeff Bezos dikhawatirkan pengaruhi Amazon

Jumat, 11 Januari 2019 11:10 WIB

Pendiri sekaligus CEO Amazon Jeff Bezos dan istrinya MacKenzie Bezos (REUTERS/Danny Moloshok)

Tergantung apa yang ingin dia lakukan Jakarta (ANTARA News) – Investor di Amazon.com Inc mulai mengkhawatirkan bahwa perceraian Jeff Bezos akan berpengaruh terhaap kelanjutan bisnis perusahaan tersebut.
Bezos melalui Twitter mengumumkan perceraian dengan MacKenzie, yang sudah dinikahinya selama 25 tahun. Saham Amazon turun 0,5 persen pada Kamis (10/1) sore.
Perceraian salah satu orang terkaya versi Forbes ini menimbulkan pertanyaan bagaimana mereka akan membagi harta, termasuk 16 persen saham di Amazon senilai 811,4 miliar dolar. Menurut undang-undang perceraian di negara bagian Washington, harta bersama yang diperoleh selama menikah akan dibagi dua, seperti diberitakan Reuters, dikutip Jumat.
Pasangan tersebut juga memiliki banyak rumah di berbagai negara bagia, diperkirakan mereka akan mengajukan cerai di salah satu negara bagian yang tidak mengharuskan harta bersama dibagi rata.
Pengacara urusan pernikahan dari New York, Bernard Clair, mengatakan ada kasus hakim akan mempertimbangkan saham MacKenzie Bezos di Amazon berdasarkan kontribusinya terhadap kesuksesan sang suami. Misalnya, membantu membuat keputusan penting atau mengurus rumah tangga sehingga suami bisa fokus bekerja.
Amazon memiliki kebijakan yang berbeda dengan raksasa teknologi lain yaitu Facebook dan Google, pendirinya tidak memiliki andil besar dalam pemungutan suara. Menurut profesor keamanan sekuritas dari Wayne State University, Peter Henning, jika MacKenzie Bezos diberi porsi saham yang besar, dia bisa memiliki suara yang penting di perusahaan.
Pengacara sekuritas Thomas Gorman juga sependapat, menurut dia MacKenzie bisa saja memiliki kontrol di perusahaan.
"Tergantung apa yang ingin dia lakukan," kata Gorman.
Manajer portofolio Monetta Fund, Roberta Bacarella, menyatakan selama Bezos tidak mengubah investasinya di Amazon, bisa jadi manajer lainnya mengurangi saham mereka karena khawatir dampak perceraian ini.
Jika MacKenzie Bezos mencairkan sahamnya yang 8 persen, menurut Bacarella tidak akan ada alasan fundamental dibalik penjualan tersebut. Dampaknya pun akan terasa dalam jangka pendek.
Analis di Wedbush Security, Michael Pachter, berpendapat, investor baru perlu khawatir jika Bezos sangat terganggu dengan perceraian ini sehingga tidak bisa mengurus perusahaan.
Baca juga: Bos Amazon, Jeff Bezos bercerai
Baca juga: Amazon eror, pengguna Alexa bisa menguping pengguna lain

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
COPYRIGHT © ANTARA 2019

ANTARA

Show More

Related Articles

Close