Nasional

Menanti Kelanjutan Dominasi Zheng Siwei/Huang Yaqiong di 2019

JawaPos.com – Tahun lalu, Zheng Siwei/Huang Yaqiong adalah pasangan ganda campuran paling tangguh di dunia. Kestabilan permainan pasangan asal Tiongkok itu di sepanjang 2018 membuat keduanya diprediksi bisa kembali digdaya di 2019.

Kelanjutan dominasi Siwei/Yaqiong tahun ini sudah diperkirakan oleh para lawan mereka. Pasangan ganda campuran Malaysia Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai adalah salah satunya.

Dilansir dari situs resmi BWF, Soon Huat mengakui ia mengagumi kekuatan dan kecepatan Siwei di lapangan, sementara Shevon menilai Yaqiong adalah pemain depan net yang sangat handal. "Yaqiong bisa bermain dengan konsisten di depan net. Dia jarang sekali melakukan kesalahan, dan hal ini bisa membuat lawan-lawan mereka tertekan," ujar Shevon.

Pasangan ganda campuran asal Inggris Marcus Ellis/Lauren Smith pun tidak menyangsikan kehebatan Siwei/Yaqiong. "Mereka memang layak menjadi pasangan terbaik di dunia. Mereka bisa memanfaatkan semua momen dengan baik untuk unggul tiga sampai empat poin di depan, dan ketika itu terjadi, sudah jadi perkara sulit untuk mengejar mereka," kata Ellis.

"Semua pukulan mereka sangat efektif dan mematikan, apalagi Yaqiong di depan net. Permainan mereka begitu rapi. Menjadi lawan mereka, kami bukan hanya mengakui bahwa mereka adalah yang terbaik, tapi kami juga respek kepada mereka," ujar Lauren.

Tahun 2018 kemarin, Siwei/Yaqiong sukses menyabet sembilan gelar juara termasuk Asian Games 2018 dan Kejuaraan Dunia 2018. Dari semua atlet bulu tangkis papan atas, hanya Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang bisa menyamai pencapaian jumlah gelar mereka.

Siwei/Yaqiong nyaris menyempurnakan karir mereka tahun lalu setelah berhasil menembus babak final World Tour Finals 2018. Sayang, mereka tumbang di tangan kompatriot Wang Yilyu/Huang Dongping.

Editor : Banu Adikara

#zheng siwei/huang yaqiong #bwf #bulu tangkis #tiongkok
SUMBER

Show More

Related Articles

Close