Luar Negeri

China desak Kanada bebaskan pejabat Huawei atau hadapi konsekuensi

China desak Kanada bebaskan pejabat Huawei atau hadapi konsekuensi

Minggu, 9 Desember 2018 16:13 WIB

Logo Huawei dalam rangkaian Huawei Global Analyst Summit 2017 di Shenzhen, China, 11-13 April 2017. (ANTARA News/Gilang Galiartha)

Beijing (ANTARA News) – China, Sabtu, memperingatkan Kanada bahwa akan ada konsekuensi berat jika negara itu tak segera membebaskan pejabat di bagian keuangan Huawei Technologies Co Ltd, dan menyebut perkara itu "sangat menjijikkan."
Meng Wanzhou, kepala keuangan global Huawei, ditangkap di Kanada pada 1 Desember dan menghadapi ekstradisi ke Amerika Serikat, yang menuduhnya menutup-nutupi hubungan perusahaannya dengan satu perusahaan yang berusaha menjual peralatan ke Iran kendati sudah diberlakukan sanksi.
Eksekutif itu adalah puteri dari pendiri Huawei.
Jika diekstradisi ke Amerika Serikat, Meng akan menghadapi sejumlah dakwaan berkomplot untuk menipu lembaga-lembaga keuangan, demikian yang terungkap dalam sidang pengadilan Kanada pada Jumat (8/12). Meng terancam hukuman maksimum 30 tahun untuk setiap dakwaan.
Belum ada keputusan yang dicapai pada sidang tentang ekstradisi itu setelah hampir enam jam persidangan, yang diwarnai perdebatan. Persidangan akan diadakan lagi pada Senin.
Dalam pernyataan singkat, Kementerian Luar Negeri China mengatakan Wakil Menlu Le Yucheng telah mengeluarkan peringatan untuk membebaskan Meng dan menyerahkannya kepada duta besar Kanada di Beijing. Wamenlu China juga memanggil Dubes Kanada itu untuk menyampaikan protes keras.
Juru bicara Menlu Kanada Chrystia Freeland, Adam Austen, mengatakan pada Sabtu "tak perlu ada penambahan melebihi apa yang Menteri katakan kemarin".
Freeland mengatakan kepada wartawan pada Jumat bahwa hubungan dengan China penting dan bernilai, dan duta besar Kanada di Beijing telah menjamin pihak China bahwa akses konsuler akan diberikan kepada Meng.
Ketika ditanya mengenai kemungkinan reaksi China setelah penangkapan pejabat Huawei itu, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan kepada wartawan Jumat bahwa Kanada memiliki hubungan sangat baik dengan Beijing.
Penangkapan Meng Kanada, atas permintaan Amerika Serikat, ketika ia sedang ganti pesawat di Vancouver merupakan pelanggaran serius atas hak-hak hukumnya, kata Le.
Langkah itu "mengabaikan hukum, tak beralasan" dan "sangat menjijikkan," tambahnya.
"China sangat mendesak pihak Kanada untuk segera membebaskan orang yang ditahan itu, dan melindungi hak-hak hukum mereka. Jika tidak, Kanada harus menerima tanggung jawab penuh atas konsekuensi yang disebabkan."
Pernyataan tersebut tidak memberikan rincian.
"Mungkin akan ada pembekuan dengan China dalam kunjungan-kunjungan dan pertukaran tingkat tinggi," kata David Mulroney, mantan duta besar Kanada untuk China, pada Jumat.
"Pembicaraan mengenai perdagangan bebas akan dimasukkan dalam kotak untuk sementara. Tapi kami akan berusaha selesaikan. Itulah harga yang harus dibayar untuk berurusan dengan sebuah negara seperti China."
Penangkapan Meng terjadi pada hari yang sama saat Presiden AS Donald Trump bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Argentina untuk mencari cara-cara menyelesaikan perang dagang yang meningkat antara dua kekuatan ekonomi dunia itu.
Baca juga: Disidang, bos Huawei dituduh lakukan penipuan
Baca juga: Huawei Nova 4 meluncur 17 Desember
Sumber: Reuters
Editor: Mohamad Anthoni/Chaidar Abdullah

Pewarta: Antara
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

  • TAGS:
  • China
  • Kanada
  • Huawei

Berita Terkait

Disidang, bos Huawei dituduh lakukan penipuan

8 Desember 2018 12:15

China tuntut pembebasan bos Huawei yang ditangkap di Kanada

6 Desember 2018 21:38

Mantan kepala kepolisian Xiamen serahkan diri

5 Desember 2018 23:06

11 warga China ditahan di Jepang

5 Desember 2018 10:28

Ribuan penumpang pesawat telantar di Urumqi akibat hujan salju

4 Desember 2018 22:57

Panama, China tandatangani perjanjian saat kunjungan Presiden Xi

4 Desember 2018 09:11

Trump: China setuju pangkas tarif mobil produksi AS

3 Desember 2018 22:47

Huawei Nova 4 meluncur 17 Desember

3 Desember 2018 17:18

Indonesia intensifkan kerja sama perdagangan dan investasi dengan Kanada

3 Desember 2018 07:04

Pentagon mengaku danai program perburuan UFO

17 Januari 2008 22:21

Komentar

Kirim ×

Login

Username Password Tetap masuk Masuk Belum Daftar? Registrasi Login Dengan FACEBOOK TWITTER GOOGLE Tutup
Sumber: ANTARA

Baca Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button