Jawa

Sutrisno Mundur, Karna Sobahi Jadi Bupati Majalengka Selama 16 Hari

BANDUNG, iNews.id – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melantik Karna Sobahi sebagai Bupati Majalengka periode 2013-2018 di Aula Barat Gedung Sate, Bandung, Senin (26/11/2018). Karna menjabat sebagai bupati Majalengka selama 16 hari menggantikan Sutrisno yang mengundurkan diri karena maju Pemilu Legislatif 2019.
Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil mengatakan, setelah dilantik untuk masa kerja yang tersisa 16 hari, Karna Sobahi yang sebelumnya menjabat wakil bupati akan kembali dilantik sebagai Bupati Majalengka terpilih hasil Pilkada Serentak 2018. Rencananya pelantikan digelar pertengahan Desember mendatang.
“Ini kan agak unik kalau Majalengka itu. Keunikannya adalah Pak Bupatinya berhenti sehingga peraturan ada masa diangkat dulu Plh (pelaksana harian). Tapi tidak boleh terlalu lama sehingga harus definitif. Nah definitifnya sampai 12 Desember setelah tanggal itu, dilantik lagi kebetulan pemenangnya pak wakil bupati (Karna),” kata Ridwan Kamil, usai pelantikan.

BACA JUGA: Mendagri Terima Alasan Pengunduran Diri Bupati Indramayu

Emil berpesan kepada bupati Majalengka agar mengawal pembangunan di kawasan Kabupaten Majalengka. Sebab, Majalengka akan menjadi salah satu daerah yang menjadi pusat pertumbuhan di Jabar.
“Majalengka, Subang, Cirebon akan jadi pusat pertumbuhan di Jabar ke depan. Karena bandara sudah jadi, Pelabuhan Patimban sudah ada, Cirebon akan banyak bebenah,” kata dia.
Emil menyatakan, bakal mengawal secara langsung program pembangunan yang dijalankan Pemkab Majalengka dan dua daerah lainnya tersebut. Dia tidak ingin pola pembangunan di wilayah tersebut salah dan tidak terarah.
“Saya akan mengawal agar segitiga Cirebon, Patimbang dan bandara di mana Majalengka dominan itu harus dari awal tertata, tata ruangnya jangan asal-asalan,” katanya.
Sementara itu, Bupati Majalengka Karna Subahi menyatakan telah menyiapkan berbagai program pembangunan untuk dijalankan ke depan. Beberapa proyek infrastruktur juga akan digenjot sehingga akses bagi masyarakat bisa semakin baik.
“Kita hadirkan investor untuk bersama-sama membangun percepatan (pembangunan) dan BIJB di Majalengka. Program pendidikan, kesehatan, ekonomi, pelayanan dasar itu tinggal memperkuat saja termasuk infrastruktur,” ucapnya.

Editor : Maria Christina

Sumber

Show More

Berita Terkait

Close